PERAN PENDIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 5 MANUJU SATAP TANAH KARAENG KABUPATEN GOWA

PERAN PENDIDIK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK

Authors

  • Al Islamiyah Inayah Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Ilyas Thahir Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Burhanuddin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31422

Keywords:

Peran Pendidik, Pembentukan Akhlak, dan Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji peran pendidik dalam pengembangan karakter siswa di SMPN 5 Manuju Satap Tanakaraeng. 2) Memahami peran guru dalam membentuk karakter moral siswa di SMPN 5 Manuju Satap Tanakaraeng. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kondisi, situasi, atau aspek lain yang disajikan dalam bentuk laporan penelitian, dengan tujuan menggambarkan situasi tertentu khususnya, peran pendidik dalam membentuk karakter siswa di SMPN 5 Manuju Satap Tanakaraeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi guru Pendidikan Agama Islam, siswa, kepala sekolah, dan dokumen/arsip terkait sekolah. Pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa banyak siswa di SMPN 5 Manuju Satap Tanakaraeng masih menunjukkan masalah karakter, seperti kurang disiplin, datang terlambat, tidak mematuhi peraturan sekolah, dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran. Salah satu peran penting pendidik dalam membentuk karakter siswa di sekolah adalah melalui bimbingan dan pendidikan siswa dengan kegiatan positif sehingga mereka mengadopsi perilaku baik ini secara konsisten. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter diidentifikasi sebagai berikut: Faktor pendukung: 1) Fasilitas, 2) Pendidik Kurangnya dukungan orang tua Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa peran guru dalam membentuk karakter moral siswa dianggap efektif. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan yang berharga bagi siswa, guru Pendidikan Islam, peneliti, dan semua pemangku kepentingan terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djollong, A. F. (2017). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK (Teacher’s Position As Education). Istiqra` : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, IV(2), 122–137.

Hastia, Andi Bunyamin, M. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).

Ibrahim. (2021). Tafsir Tematik: Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah “Kreatif, 19(2), 64–75.

Jannah, M. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Khoirunnisa, Herlini Puspika Sari, Syuhadatul Husna, & Rosnita Siregar. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi terhadap Karakter Generasi Z. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 790–800.

Listari, L. (2021). Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah). Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(1), 7.

Marauleng, A., Hakim, A., Hasan, S., & Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1).

Maulidah. (2022). Akhlak Sebagai Esensi Pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(6), 1945.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, V. R. dan D. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Rajawali Pres.

Rahman, A. S. (2016). Peran Pendidik Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di MA Terpadu Ushuluddin Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung. STAIN Jurai Siwo.

Roqib, M. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. PT LKiS Printing Cemerlang.

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 101–116.

Sari, S. F., Adelia, D., Latifah, E. I., & Putri, S. A. D. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1211–1221.

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1–12.

Sugiyono. (2019). ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D’,. Alfabeta.

Sundari, A. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Di Smp Negeri 10 Rejang Lebong. IAIN Curup.

Yusuf, Y. S. (2025). Pendidikan Di Era Media Sosial Sinergi Pendidikan Dan Pembinaan Moral Pada Remaja. Journal of Education Behavior and Religious Ethics, 1(2), 125–134.

Zainuri, R. D., & Masruroh, S. (2023). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Smk Taruna Karya 2 Karawang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3004

Downloads

Published

2025-08-08

Most read articles by the same author(s)