EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN, BUDAYA SEKOLAH, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KINERJA PROFESIONAL GURU

Authors

  • Rika Sulastika Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Andi Rahman Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31519

Keywords:

Budaya Sekolah, Efektifitas Kepemimpinan, Kinerja Guru, Self-Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) Pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru; (3) Pengaruh self-efficacy terhadap kinerja guru; dan (4) Pengaruh efektivitas kepemimpinan, budaya sekolah, dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-kecamatan Tanah Abang dengan responden 88 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner). Uji validitas menggunakan validitas konstruks sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  ada pengaruh yang signifikan antara efektivitas kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-kecamatan Tanah Abang sebesar 76,7%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-kecamatan Tanah Abang sebesar 85,4%, (3) ada pengaruh yang signifikan antara  self-efficacy terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-kecamatan Tanah Abang sebesar 78,1%, (4) ada pengaruh yang signifikan antara efektivitas kepemimpinan, budaya sekolah, dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 89,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2024). metode penelitian kuantitatif.

Jurnal :

Agustian, R. (2024). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kedai Kopi 89 Syifana Kopi Palembang). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9004

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021b). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Elektronik), 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236

Khoerudin, A. (2020). Pengaruh Loyalitas, Iklim Organisasi, dan Self Efficacy terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap (GTT) di SMK N 2 Kebumen. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Kurniawati, D., & Judisseno, R. K. (2020). Penggunaan Skala Likert Untuk Menganalisa Efektivitas Registrasi Stakeholder Meeting: Exhibition Industry 2020.

Manalu, O., & Kristianingsih, A. (2024). Jurnal Mirai Management Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru untuk mewujudkan Sekolah Bermutu. Jurnal Mirai Management, 9(2), 2024–2025.

Maria, A., & Fauziah, N. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MIA 3 DI MAN 2 Garut. Masagi, 1(1), 151–158. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.181

Mulianda, P., 1, H., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 3).

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Permata sari, D., Candra, Y., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia, F. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir, Self Efficacy, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1(3). https://doi.org/10.31933/JEMSI

Rodam, W. S., Halum Husna, F., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (2022). Peran Work Self Efficacy terhadap Job Crafting Pada Guru SMA di Kota Kediri (Vol. 13, Issue 02).

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Downloads

Published

2025-08-10

Most read articles by the same author(s)