PENERAPAN MODEL EDUTAINMENT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MTs PONPES MDIA BONTOALA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31607Keywords:
Model Edutainment, Hasil Belajar, Al-Quran HadistAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran edutaiment dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas VIII MTs Pondok Pesantren MDIA Bontoala Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung perhitungan persentase dan nilai rata-rata (Mean) untuk mengukur aktivitas peserta didik serta ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca peserta didik dari pra siklus hingga siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata peserta didik hanya 48 (kurang) dengan persentase ketuntasan 34,28%. Setelah penerapan metode edutaiment, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70,28 (baik) dengan persentase ketuntasan 68,57%. Peningkatan berlanjut di siklus II, di mana nilai rata-rata peserta didik mencapai 84,57 (baik sekali) dengan persentase ketuntasan 85,71%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran edutaiment efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.Downloads
References
Abdillah, Faizal, Nurul Latifah, Siti Fatimah, and Benny Kurniawan. 2022. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Ski Kelas 5 Melalui Metode Edutainment Di Mi Dipanegara Ranterejo Klirong Kebumen.” Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(2):53–61. doi: https://doi.org/10.33507/tarbi.v1i2.583.
Aisy, Zakiyah Richadatul, Muhammad Fahmi Hidayatullah, and Diah Dina Aminata. 2023. “Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Metode Edutainment Di MTs NU Pakis Kabupaten Malang.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 8(3):112–22.
Amril, Amril, and Suarni Suarni. 2023. “Eksperimen Model Pembelajaran Edutainment Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” RELIGI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):57–63.
Badriyah, Laila. 2022. “Penerapan Metode Edutainment Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Kecamatan Waru.” Jurnal Kependidikan Islam 12(2):115–26. doi: https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.115-126.
Fahrurrozi, and S. Mulyani. 2021. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di MTs.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 8(2):132–45.
Karima, Karimna Isya. 2019. “Penerapan Metode Edutainment Melalui Permainan Simak-Ulang-Ucap Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 2(1):58–68. doi: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i1.24072.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Mukhlisah, R., Mustamin Mustamin, and Muh Azhar. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Edutainment Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 1 Kota Makassar.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 17(1):206–14. doi: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3776.
Nurdianti, Rizky, Idam Ragil Widianto Atmojo, and Sularmi Sularmi. 2020. “Penerapan Metode Edutainment Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Pada Pembelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(2):29–36. doi: https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i2.43390.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2020. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):7911–15. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Rahmawati, Rafika Dian, Yayuk Sumarni, Roni Subagya, Choiriyah Widyasari, and Ernawati. 2024. “Pengembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Edutainment.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10(4):242–56. doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.3587.
Sa’adah, Safa Amaliatus, Aris Aris, and Ratna Puspitasari. 2022. “Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.” Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial 2(1):1–10. doi: https://doi.org/10.20527/pakis.v2i1.5207.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.