MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KOMBINASI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN BENUA ANYAR 10 BANJARMASIN

Authors

  • Ellok Gita Fadia Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahmuddin Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31918

Keywords:

Aktivitas, Problem Based Learning, Cooperative Integrated Reading and Composition, Talking Stick, Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan “pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang berdampak pada hasil belajar pada muatan Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai isi teks dalam bacaan. salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Cooperative Integrated Reading And Composition dan Talking Stick. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 4 SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin yang berjumlah 15 siswa. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 28 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% dengan kategori “Sangat Aktif”. Adapun keterampilan membaca pemahaman pertemuan 4 memperoleh persentase 93%. Untuk hasil belajar siswa meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas,keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin.”  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslamiah, A., Ersis Warmansyah Abbas, & Mutiani Mutiani. (2021). 21st-Century skills and social studies education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 2723–1119. https://doi.org/10.20527/Available

Fitri Handayani, & Dessy Dwitalia Sari. (2023). Meningkatan Aktivitas, Keterampilan Berbicara, dan Hasil Belajar Menggunakan Model Prolog pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 105–118. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2339

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Ditaktika, 9(1). https://jurnaldidaktika.org/

Husada, S. P., Taufina, & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4.

Lilik Tri, W., & Mahmuddin, M. (2024). Meningkatkan Aktivitas Keterampilan Menulis Dalam Bentuk Poop Up Book Mel Menggunakan Model Project Based Learning Kombinasi Cooperative Integrated Reading And Composition Dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 784–790. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1518

Mahmuddin, M., & Adawiyah, R. (2022). Literasi Baca Peserta Didik di SMA Negeri 1 Karang Intan Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(02), 74–78.

Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227

Mea, F., Tinggi, S., Kristen, A., & Bangsa, A. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas Yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3). https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/j

Riandy Agusta, A., Suriansyah, A., & Setyosari, P. (2021). Model Blended Learning Gawi Manuntung Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Economics Education and Entreprenurship, 2.

Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794–2808. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535

Sawitri, N. N. R. (2024). Peranan Model Pembelajaran CIRC Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Agama Hindu Siswa Kelas IV Gugus Pattimura Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Japam (Jurnal Pendidikan Agama), 4(2).

Sulikhah, Utomo, S., & Santoso. (2020). Pengaruh Teknik Sq4r (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa SD Negeri Kelas III Di Kecamatan Karanganyar Demak. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3, 365. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Downloads

Published

2025-08-16