PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Havisa Wilanda Rhamadani PGSD ISBI SINGKAWANG
  • Rika Wahyuni PGSD ISBI SINGKAWANG
  • Erdi Guna Utama PGSD ISBI SINGKAWANG

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32025

Keywords:

Problem Posing, Learning Model, Question Box Media, Mathematical Problem Solving Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V yang menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box di SDN 81 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experiment dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 81 Singkawang dan sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran dan teknik observasi langsung, Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test, N-gain dan persentase aktivitas belajar. Adapun Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) Uji Wilcoxon Signed-Rank menunjukkan nilai sig 0,000<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sesudah menggunakan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box di SDN 81 Singkawang. 2) uji N-Gain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sebelum dan sesudah diajarkan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box SDN 81 Singkawang, adapun hasil dari uji N-Gain yaitu dengan nilai 0,39 berada pada kriteria sedang. 3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu dengan mencari rata-rata persentase keseluruhan, adapun hasil yang didapat sebesar 66,5% dengan kriteria aktif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya model pembelajaran problem posing berbantuan media question box berdampak positif pada keaktifan siswa dalam prses belajar khususnya materi volume kubus dan balok. Dampak dari penelitian ini yaitu membuat poses pembelajaran jadi lebih bermakna karena siswa belajar melalui pengalaman nyata dengan kehidupan mereka sehingga materi mudah dipahami. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sebelum dan sesudah diajarkan model pembelajaran problem posing berbantuan media question box terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V di SDN 81 Singkawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pendidikan matematika,

1(2), 223-234.

Yulisma, Y. (2017) MODEL

PEMBELAJARAN

PROBLEM POSING

UNTUK MENINGKATKAN

HASIL BELAJAR BAHASA

INDONESIA SISWA

SEKOLAH MENENGAH

PERTAMA. SUARA

GURU, 3(1), 99-108.

Sofian, E., Wahyuni, R., & Setyowati,

R. (2025). HUBUNGAN

ANTARA KEMAMPUAN

MEMBACA PEMAHAMAN

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 21

Tahun 2016 tentang Standar

Proses Pendidikan Dasar

dan Menengah, h.8

Sitohang. I. L., Saragih, S., & Konsep,

P. (2018). Pengaruh

Pendekatan Pembelajaran

Problem Posing Terhadap

Kemampuan Pemahaman.

Jurnal Inspiratif, 4(2), 1-12

Retrieved from

Attps://jurnal.unimed.ac.id/2

012/index.php/jpmi/article/vi

ewFile/1080 4/9697.

DENGAN KEMAMPUAN

PEMECAHAN MASALAH

MATEMATIS KELAS V

SEKOLAH DASAR. Primary

Education Journals (Jurnal

Ke-SD-An), 5(1), 78-88.

Nasution,Z.M., Surya,Edy, dan

Manullang,M. (2017).

Perbedaan Kemampuan

Pemecahan Masalah

Matematik Dan Motivasi

Belajar Siswa Yang Diberi

Pendekatan Pembelajaran

Berbasis Masalah Dengan

Pendidikan Matematika. Jurnal

Matematika: Vol. 10, No. 1 (67-

78).

Downloads

Published

2025-08-09

Most read articles by the same author(s)