- Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak Mega Suri Lolo Kabupaten Solok
Penelitian Kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32070Keywords:
Anak Usia Dini, Spinning Wheel, Membaca PermulaanAbstract
Kemampuan membaca permulaan adalah hal yang penting dan harus dikenalkan sejak usia dini karena menjadi dasar dalam perkembangan kemampuan baca anak. Namun, berdasarkan pengamatan di lapangan, tidak sedikit anak yang belum bisa menguasai keterampilan ini, seperti belum bisa menyebut huruf vokal dan konsonan, serta belum bisa membaca kata-kata yang sering muncul. Studi ini memiliki tujuan yakni "mengetahui pengaruh penggunaan media Spinning Wheel terhadap kemampuan membaca awal anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Mega Suri Lolo, Kabupaten Solok". Studi ini mempergunakan metode kuantitatif ,e;a;io desain "pre-experimental tipe one group pre-test post-test". Populasi yang dipergunakan ialah seluruh peserta didik di TK Mega Suri Lolo. Dikarenakan jumlah populasi yang kurang dari 30 orang, yaitu hanya berjumlah 15 anak di kelas B1, maka teknik pengambilan sampel disebut Teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes, observasi serta tes dengan 8 butir soal dalam bentuk lembar pernyataan sebagai alat pengumpul data. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis paired sample t-test berbantuan aplikasi SPSS 26. Temuan studi menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media Spinning Wheel terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Hal ini tampak dari kenaikan nilai mean dari 23,00 pada pretest menjadi 27,93 pada posttest. Sesuai perolehan uji paired sample t-test, didapatkan nilai sig sejumlah 0,000 (< 0,05), untuk itu H0 tidak disetuju serta Hₐ disetuju. Untuk itu, bisa diambil simpulan media Spinning Wheel memberi pengaruh signifikan pada peningkatan keterampilan membaca permulaan anak usia dini.
Downloads
References
Gusdiana, P., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2021). Pengembangan Media Kotak Permainan Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Lubuk linggau. LJESE:
Mardhotillah, H., &Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779-792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind Edisi Bahasa Indonesia. Pustaka
Pelajar.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar (Hilmiati (Ed.)). Sanabil Creative.
Mueller, C. H., & Schickedanz, J. A. (1992). Early Literacy: Building the Reading and Writing Skills of Young Children. Newark, DE: International Reading Association.
Permendikbud. (2014). Standar Nasional Penilaian PAUD Nomor 137 tahun 2014. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 65 (879), 2004-2006.
Puteri, L. A. S., & Mintohari, M. (2022). Pengembangan Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Materi Perubahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(07).
Rahma, P. A., Boediman, L. M., & Boediman, L. M. (2023). Telepractice Reading Intervention using Orton-Gillingham Approach for Child with Dyslexia. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 12(2), 264. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i2.10830
Rizqi Darmawan, ”Pengaruh Media Spinning Wheel Game Terhadap Pengetahuan tentang Kesehatan Gigi Siswa/i Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 1 Kota Bengkulu”, Skripsi pada Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Bengkulu, (Bengkulu: Bengkulu, 2020), h. 37, tidak dipublikasikan.
Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Winarti, W., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Permainan Puppet Fun terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462
Yamin, Sanan. 2013. Panduan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Gaung Persada Press Group
Yulianty, P., & Veviana, E. (2022). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu gambar pada kelompok B TK Holy Faithful Depok. JAS: Jurnal Anak Bangsa, 1(1), 88–96. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1.12
Yulsyofriend. 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Suka Bina Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















