HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD N 04 TALANG TANGAH

Authors

  • Leni Zahara Universitas Negeri Padang
  • Azizah Jumaita Ayu Universitas Negeri Padang
  • Dini Safitri Universitas Negeri Padang
  • Nailatul Fadhila Universitas Negeri Padang
  • Nina Afrilia Universitas Negeri Padang
  • Syifa Fauziya Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32091

Keywords:

Hasil belajar, Korelasi, Motivasi belajar, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 04 Talang Tangah. Latar belakang penelitian didasari oleh fenomena rendahnya motivasi belajar pada sebagian siswa sekolah dasar, yang berdampak pada ketidakoptimalan capaian akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitas, serta dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) semester II tahun ajaran 2024/2025 sebagai indikator hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi, sedangkan hasil belajar sebagian besar berada pada kategori baik. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar (r = 0,59; p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi belajar memiliki kontribusi langsung terhadap pencapaian prestasi akademik siswa. Hasil penelitian ini memperkuat teori bahwa faktor motivasi merupakan salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya guru dan pihak sekolah untuk merancang strategi pembelajaran yang memotivasi, seperti pemberian reward, penguatan positif, serta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christian Lorinto Manurung, Resister

Nadeak, & Fiber Yun Almanda

Ginting. (2023). The Role of

Teachers in Increasing Elementary

School Students’ Learning

Motivation. Universitas Katolik

Santo Thomas, Medan, Indonesia.

Dev, M. (2016). Factors Affecting the

Academic Achievement: A Study of

Elementary School Students of

NCR Delhi, India. Journal of

Education and Practice, 7(4), 70–

73.

Dev, M. (2016). Factors Affecting the

Academic Achievement: A Study of

Elementary School Students of

NCR Delhi, India. Journal of

Education and Practice, 7(4), 70–

73.

Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2022).

Determinants of elementary‐ school

academic achievement:

Component cognitive abilities and

memory integration. Child

Development, 93(6), 1777–1792.

Fatima, Q. (2023). Influence Of

Motivation On Academic

Performance: Elementary School

Students’ Perspective. Journal of

Positive School Psychology, 7(4),

1606–1613.

Ghifary, M. T., Suryanto, Sri Iswati,

Suwarni, & Purwoko, B. (2022). The

Efforts to Improve Student Learning

Outcomes with an Online Material

Solution in School Classes in Rural

Indonesia. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu

Pendidikan, 7(1), 355–367.

Margolang, N., Hemita, N., & Antosa,

Z. (2019). The Correlations

between Reward and Elementary

School Students’ Learning

Motivation. Journal of Teaching and

Learning in Elementary Education,

2(1), 64–72.

Mubarok, M. Z. C., & Sutiyono. (2024).

Dampak Motivasi Guru terhadap

Prestasi Belajar Siswa di SD NU

Galur. Primer: Journal of Primary

Education Research.

Palimbong, W., & Sanoto, H. (2024).

Pengembangan instrumen motivasi

belajar tematik untuk meningkatkan

kemampuan berpikir kritis peserta

didik sekolah dasar. Jurnal

Basicedu, 8(1), 707–718.

Pranoto, B. A. (2021). Pengaruh

Motivasi Belajar dan Percaya Diri

Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa Kelas V di SD Negeri

Tanjung 01 (Laporan Penelitian,

Universitas Muhadi Setiabudi).

Putri, R. A., & Nugroho, A. (2023).

Relationship between teacher self-

efficacy and classroom

management skills: A quantitative

correlational study. Jurnal

Pendidikan Guru, 12(2), 75–90.

Roslida Sigalingging, Hotma

Nababan, Alex Putra, & Mandasari

Nababan. (2022). Enhancing

Learning Motivation in Elementary

Schools: The Impact and Role of

Rewards. Jurnal Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini,

Universitas Riau & Medan,

Indonesia.

Sari, F., & Riansi, E. S. (2024). Peran

stakeholder dalam mengatasi

ketimpangan pendidikan di daerah

terpencil. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(4), 277–293.

Suhudi, R., Radeswandri, Herlinda, &

Vebrianto, R. (2024).

Pengembangan instrumen motivasi

belajar siswa: Angket. Jurnal

Downloads

Published

2025-08-10