HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD N 04 TALANG TANGAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32091Keywords:
Hasil belajar, Korelasi, Motivasi belajar, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 04 Talang Tangah. Latar belakang penelitian didasari oleh fenomena rendahnya motivasi belajar pada sebagian siswa sekolah dasar, yang berdampak pada ketidakoptimalan capaian akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitas, serta dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) semester II tahun ajaran 2024/2025 sebagai indikator hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi, sedangkan hasil belajar sebagian besar berada pada kategori baik. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar (r = 0,59; p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi belajar memiliki kontribusi langsung terhadap pencapaian prestasi akademik siswa. Hasil penelitian ini memperkuat teori bahwa faktor motivasi merupakan salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya guru dan pihak sekolah untuk merancang strategi pembelajaran yang memotivasi, seperti pemberian reward, penguatan positif, serta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.Downloads
References
Christian Lorinto Manurung, Resister
Nadeak, & Fiber Yun Almanda
Ginting. (2023). The Role of
Teachers in Increasing Elementary
School Students’ Learning
Motivation. Universitas Katolik
Santo Thomas, Medan, Indonesia.
Dev, M. (2016). Factors Affecting the
Academic Achievement: A Study of
Elementary School Students of
NCR Delhi, India. Journal of
Education and Practice, 7(4), 70–
73.
Dev, M. (2016). Factors Affecting the
Academic Achievement: A Study of
Elementary School Students of
NCR Delhi, India. Journal of
Education and Practice, 7(4), 70–
73.
Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2022).
Determinants of elementary‐ school
academic achievement:
Component cognitive abilities and
memory integration. Child
Development, 93(6), 1777–1792.
Fatima, Q. (2023). Influence Of
Motivation On Academic
Performance: Elementary School
Students’ Perspective. Journal of
Positive School Psychology, 7(4),
1606–1613.
Ghifary, M. T., Suryanto, Sri Iswati,
Suwarni, & Purwoko, B. (2022). The
Efforts to Improve Student Learning
Outcomes with an Online Material
Solution in School Classes in Rural
Indonesia. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu
Pendidikan, 7(1), 355–367.
Margolang, N., Hemita, N., & Antosa,
Z. (2019). The Correlations
between Reward and Elementary
School Students’ Learning
Motivation. Journal of Teaching and
Learning in Elementary Education,
2(1), 64–72.
Mubarok, M. Z. C., & Sutiyono. (2024).
Dampak Motivasi Guru terhadap
Prestasi Belajar Siswa di SD NU
Galur. Primer: Journal of Primary
Education Research.
Palimbong, W., & Sanoto, H. (2024).
Pengembangan instrumen motivasi
belajar tematik untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta
didik sekolah dasar. Jurnal
Basicedu, 8(1), 707–718.
Pranoto, B. A. (2021). Pengaruh
Motivasi Belajar dan Percaya Diri
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas V di SD Negeri
Tanjung 01 (Laporan Penelitian,
Universitas Muhadi Setiabudi).
Putri, R. A., & Nugroho, A. (2023).
Relationship between teacher self-
efficacy and classroom
management skills: A quantitative
correlational study. Jurnal
Pendidikan Guru, 12(2), 75–90.
Roslida Sigalingging, Hotma
Nababan, Alex Putra, & Mandasari
Nababan. (2022). Enhancing
Learning Motivation in Elementary
Schools: The Impact and Role of
Rewards. Jurnal Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini,
Universitas Riau & Medan,
Indonesia.
Sari, F., & Riansi, E. S. (2024). Peran
stakeholder dalam mengatasi
ketimpangan pendidikan di daerah
terpencil. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 9(4), 277–293.
Suhudi, R., Radeswandri, Herlinda, &
Vebrianto, R. (2024).
Pengembangan instrumen motivasi
belajar siswa: Angket. Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.