STRATEGI GURU TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK PONPES AL-QUR’AN JABAL NUR PACCINI DESA SURUANG

Authors

  • Ahmad Rif'ai Universitas Muslim Indonesia
  • Ahmad Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Azhar Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Ratika Nengsih Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32311

Keywords:

Strategi Guru, Pembinaan Akhlak, Santri

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi guru dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Jabal Nur Paccini, Polewali Mandar. Tujuannya adalah mengidentifikasi strategi yang digunakan guru dan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan pembinaan akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi, antara lain keteladanan, cerita (qishah), nasehat, pembiasaan (ta’wid), pemberian penghargaan (targib/reward), dan pemberian hukuman (tarhib/punishment). Faktor pendukung dalam penerapan strategi ini meliputi fasilitas sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, serta keteladanan dari para guru. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dari orang tua santri, masalah kedisiplinan, dan keterbatasan buku pelajaran akhlak. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memberikan peringatan kepada santri yang melanggar dan mengadakan musyawarah untuk mencari solusi bersama. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana guru berupaya membentuk akhlak mulia santri di lingkungan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohman, Roni, and Mohamad Zaka Al Farisi. 2023. “Konsep Makna Mau’izah Dalam Al-Quran: Implementasi Teori Semiotika Roland Barthes Terhadap Qs. An-Nahl Ayat 125.” Rayah Al-Islam 7(2):687–700. doi: 10.37274/rais.v7i2.755.

Amri, Muhammad, and Andi Baso Muammar Assad. 2020. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTs As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.” Inspiratif Pendidikan 9(1):1–12. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277.

Andrias, Andrias Nurkamil Albusthomi. 2018. “Pendidikan Akhlak Sebagai Landasan Pembentukan Karakter Di Majelis Taklim Konversi Diniyah (MTKD) Al Ikhlas Kec. Bandung Kulon.” TEXTURA 5(2):137–59.

Budiyono, Ahmad, Arif Rahman Hakim, and Arif Hidayatulloh. 2023. “Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SDN Penggaron Mojowarno Jombang.” ILJ: Islamic Learning Journal 1(2):539–61. doi: https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i2.998.

Febriyanti, Natasya. 2021. “Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1631–38.

Idharudin, Abdul Jabar, Muwahidah Nurhasanah, and Budi Heriyanto. 2025. “Peran Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam: The Role of Facilities and Infrastructure in Enhancing the Quality of Islamic Education.” DIRASAH: Jurnal Kajian Islam 2(2):242–58.

Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Kasrina, Ela. 2023. “Metode Reward Dan Punishment : Solusi Tepat Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 7(1):97–109. doi: https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.978.

Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.

Maisyanah, Maisyanah, Nailusy Syafa’ah, and Siti Fatmawati. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 1(2):15–30.

Maizah, St., and Rinta Ratnawati. 2024. “Implementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan.” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 7(1):49–59. doi: 10.31539/alignment.v7i1.9537.

Mubarok, Ahmad, and Heri Rajmi. 2024. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ul Ulum Kabul Praya Barat Daya Lombok Tengah.” TSIQOH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2):745–65.

Nurhabibah, Salsa, Herlini Puspika Sari, and Siti Fatimah. 2025. “Pendidikan Karakter Di Era Digital: Tantangan Dan Strategi Dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3(3):194–205. doi: https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099.

Shodiq, Musta’in, and Kuswanto Kuswanto. 2024. “Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Keteladanan Dan Pembiasaan.” Arsy 8(2):134–46. doi: https://doi.org/10.32492/arsy.v8i2.8205.

Ummya, Faizatul. 2023. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal As-Said 3(1):61–70.

Warini, Sisin, Yasnita Nurul Hidayat, and Darul Ilmi. 2023. “Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2(4):566–76. doi: https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181.

Wibowo, Mas Teguh, and Azizah Hanum Ok. 2023. “Pengaruh Keteladanan Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6(2):351–62. doi: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2847.

Downloads

Published

2025-08-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>