PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SOSIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 6 PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32340Keywords:
Teacher Pedagogical Competence, Learning Outcomes.Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar berupa nilai ujian akhir semester (UAS) Sosiologi kelas XIF1 dan kelas XIF2 di MAN 6 Pasaman Barat yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru sosiologi terhadap hasil belajar siswa di MAN 6 Pasaman Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 37, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XIF1 pada mata pelajaran sosiologi di MAN 6 Pasaman Barat yang berjumlah 20 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrument yang digunakan untuk penelitian berupa angket dengan uji hipotesa digunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru sosiologi terhadap hasil belajar di MAN 6 Pasaman Barat. Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis data nilai t hitung variabel kompetensi pedagogik guru sosiologi (X) sebesar -386 dan nilai t tabel 1,72913, sehingga diperoleh hasil bahwa -386< 1,72913. Nilai signifikansi variabel kompetensi pedagogik guru (Y) lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 704. Maka dari itu nilai t dan signifikansi menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena kompetensi pedagogik guru bukan merupakan faktor penentu utama dalam pencapaian hasil belajar siswa.Downloads
References
Buku :
Andi Setiawan.Belajar dan
pembelajaran.Uwais. Inspirasi.
Indonesia
Eddy Roflin.2021.Populasi,sampel,va
riabel.PT.Nasya Expanding
Management
Henny Syapitri.2021.Metodologi
penelitian kesehatan.Ahlimedia
Press.
Mulyasa.2013.uji kompetensi dan
penilaian kinerja
guru.PT.Remaja.Rosdakarya
Rina Febrina.2021. kompetensi Guru.
Jakarta: Bumi Aksara
Siti Syuhada.2024.kompetensi guru
dan faktor yang
mempengaruhinya.PT.
Sonpedia Publishing Indonesia
Sugiyono.2013. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Solimun.2020.Metodologi penelitian
kuantitatif perspektif sistem.UB
Press
Suyanto.2013.Menjadi guru
profesional strategi
meningkatkan kualifikasi dankualitas guru di era
global.Erlangga
Sugiyono.2021.Metode penelitian
kuantitatif , kualitatif dan
R&D.Alfabeta Bandung
Jurnal :
Akbar, Aulia. 2021. “Pentingnya
Kompetensi Pedagogik Guru.”
2(1):23–30.
Anon. 2005. “Mampu
Mendeskripsikan Tujuan.”
(21022109).
Ashsiddiqi, M. Hasbi. 2012.
“Kompetensi Sosial Guru Dalam
Pembelajaran Dan
Pengembangannya.”
XVII(14):61–67.
Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and
Firdaus Jeka. 2023. “Populasi
Dan Sampling (Kuantitatif), Serta
Pemilihan Informan Kunci
(Kualitatif) Dalam Pendekatan
Praktis.” Jurnal Pendidikan
Tambusai 7(3):26320–32.
Budiyono, and Yuni Harmawati. 2017.
“Penguatan Pendidikan Karakter
Melalui Nilai-Nilai Keteladanan
Guru Dan Orang Tua Pada
Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal
Universitas PGRI Madiun 1–10.
Dakhi, Agustin Sukses, and Nias
Selatan. 2020. “Peningkatan
Hasil Belajar Siswa.”
8(2):468–70.
Dudung, Agus. n.d. “Kompetensi
Profesional Guru ( Suatu Studi
Meta-Analysis Desertasi
Pascasarjana UNJ ).”
05(01):9–19.
Huda, Mualimul. 2017. “Kompetensi
Kepribadian Guru dan Motivasi
Belajar Siswa ( Studi Korelasi
Pada Mata Pelajaran PAI ).”
11(2):237–66.
Lubis, Hasrita. 2018. “Kompetensi
Pedagogik Guru Profesional.”
1(02):16–19.
Masdul, Muh Rizal. 2018.
“Komunikasi Pembelajaran
Learning Communication.”
13(1):1–9.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan
Tujuan Pendidikan Nasional
(Pasal 3 Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional No. 20
Tahun 2003).” Wahana Karya
Ilmiah Pendidikan 2(01):123–44.
Nurzannah, Siti. 2018. “Pengaruh
Kompetensi Guru Terhadap
Hasil Belajar Ekonomi Di Sma
Negeri Rambipuji Tahun Ajaran
2017/2018.” Jurnal Pendidikan
Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan
Ilmu Sosial 12(3):185–91. doi:
10.52121/alacrity.v2i3.108.
Prof, Oleh, Farida Hanum, and M. Si.
2011. “Melestarikan Nilai Dan
Norma Yang Dipandang Perlu
Diwariskan Oleh Generasi
Terdahulu,.” (September):1–17.
Putra, Rizky Pratama, Muhmmad
Ainul Yaqin, and Akhmadiyah
Saputra. 2024. “Objek Evaluasi
Hasil Belajar Pendidikan Agama
Islam: Analisis Taksonomi Bloom
(Kognitif, Afektif, Psikomotorik).”
Jurnal Of Islamic And Education
Research 2(1):149–58.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pe n ti n g n
ya Motivasi Belajar Dalam Me n in Gkatka n Hasil Belajar.”
(November):289–302.
Sosiologi, Pelajaran. 2011. “Jurnal
Komunitas.” 3(1):103–20.
Sultan, Universitas, and Ageng
Tirtayasa. 2019. “Penerapan
Teknologi Sebagai Media
Pembelajaran Pada Mata
Pendahuluan Teknologi Dan
Media Pembelajaran Pada Masa
Sekarang Nyaris Tidak Dapat Di
Pisahkan , Penggunaan
Teknologi Yang Begitu Di Minati
Banyak Orang , Membuat
Teknologi Sebagai Salah Satu
Media .” 2(1).
Suprayogo, Imam, and Tobroni.
2014. “Metodelogi Penelitian
Agama.” Metodologi Penelitian
102.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and
Siti Kholidatur Rodiyah. 2018.
“Studi Tentang Prestasi Belajar
Siswa Dalam Berbagai Aspek
Dan Faktor Yang
Mempengaruhi.” Jurnal
Komunikasi Pendidikan 2(2):115.
doi: 10.32585/jkp.v2i2.114.
Syaidah, Umu, Bambang Suyadi, and
Hety Mustika Ani. 2018.
“Pengaruh Kompetensi Guru
Terhadap Hasil Belajar Ekonomi
Di Sma Negeri Rambipuji Tahun
Ajaran 2017/2018.” Jurnal
Pendidikan Ekonomi: Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu
Ekonomi Dan Ilmu Sosial
12(2):185. doi:
10.19184/jpe.v12i2.8316.
Terhadap, Siswa, Prestasi Belajar,
Siswa Pada, and Mata Pelajaran.
2019. “Pengaruh Kompetensi
Pedagogik Guru Dan Gaya
Belajar.” 28:53–60.
Wulandah, Safirah, Achmad Hufad,
and Eko Sulistiono. 2023.
“Urgensi Kurikulum Merdeka
Dalam Pembelajaran Sosiologi
Pada Pendidikan Abad 21.”
Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil
Pemikiran, Penelitian Dan
Pengembangan Keilmuan
Sosiologi Pendidikan 1(1):59.
doi:
10.26858/sosialisasi.v1i1.41771.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.