PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS 6 DI UPTD SDI OETETE 2

Authors

  • Oktafiani Ingrita Mesak Universitas Nusa Cendana
  • Maxsel Koro Universitas Nusa Cendana
  • Kurniayu T. R. A. Ratu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32399

Keywords:

Problem-Based Learning, Critical Thinking, Elementary School

Abstract

This study is motivated by the limited number of studies addressing the low critical thinking skills among elementary school students, even though this skill has a significant impact on the quality of learning and students’ readiness to face 21st- century challenges. The aim of this research is to examine the effect of applying the Problem-Based Learning (PBL) model on the improvement of critical thinking skills among sixth-grade students in the Civics Education (PPKn) subject at SD Inpres Oetete 2, Kota Kupang. The research employed a quantitative approach with a pre-experimental design, specifically the one-group pretest-posttest model. The sample consisted of 30 sixth-grade students selected through total sampling. Data were collected using a critical thinking skills test and analyzed using a paired sample t-test with the assistance of SPSS software. The findings indicate a significant increase in students’ critical thinking scores after the implementation of the PBL model, with a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05. These results support constructivist theory, which emphasizes the importance of active student engagement in meaningful learning. The main conclusion is that the PBL model is effective in improving students' critical thinking skills through problem-solving- based learning. The implications of this study include theoretical contributions by enriching the literature on innovative learning strategies at the elementary level, as well as practical recommendations for teachers to integrate PBL into Civics

Downloads

Download data is not yet available.

References

dituju dalam rumusan masalah. Hasil uji

statistik menunjukkan nilai t-hitung

sebesar 67.441 dan nilai rata-rata N-

Gain sebesar 0.5439, yang termasuk

dalam kategori sedang. Meskipun nilai

signifikansi (p = 0.059) berada sedikit di

atas batas konvensional (0.05), temuan

ini tetap menunjukkan kecenderungan

positif bahwa intervensi model PBL

memberikan kontribusi terhadap

perkembangan kemampuan berpikir

kritis siswa, khususnya dalam konteks

pembelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (PPKn).

Penelitian ini memberikan kontribusi

terhadap pengembangan ilmu

pendidikan, khususnya dalam validasi

empiris penerapan model pembelajaran

berbasis masalah pada pendidikan

dasar. Studi ini mengisi celah yang

sebelumnya belum banyak diteliti,

terutama di wilayah Indonesia bagian

timur seperti Kota Kupang, dan

menegaskan bahwa siswa usia 11–13

tahun memiliki potensi untuk

mengembangkan keterampilan berpikir

tingkat tinggi jika difasilitasi dengan

pendekatan pembelajaran yang tepat.

Selain itu, hasil penelitian ini

memperkuat teori konstruktivisme dalam

pembelajaran, dan memberikan

kerangka aplikatif bagi guru dalam

mendesain skenario PBL yang sesuai

dengan karakteristik siswa sekolah

dasar.

Demi memperkuat hasil dan

generalisasi temuan, disarankan agar

penelitian selanjutnya menggunakan

desain kuasi-eksperimen dengan

kelompok kontrol, sehingga

perbandingan hasil dapat dilakukan

secara lebih akurat. Selain itu, studi

lanjutan dapat menggali lebih dalam

persepsi guru dan siswa terhadap

penerapan PBL melalui pendekatan

kualitatif atau mixed methods.

Perluasan wilayah penelitian ke konteks

sekolah dasar di daerah lain juga

penting untuk menguji konsistensi

efektivitas PBL dalam meningkatkan

keterampilan berpikir kritis pada siswa

dengan latar belakang yang berbeda.

DAFTAR PUSTAKA

Bodagh, N., Bloomfield, J., Birch, P., &

Ricketts, W. (2017). Problem-based

learning: a review. British Journal of

Hospital Medicine, 78(11), C167–

C170.

https://doi.org/10.12968/hmed.2017

Downloads

Published

2025-08-17