MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAG DASAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBDP)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32572Keywords:
PjBL, SBdP, CreativityAbstract
This study aims to determine the effect of the Project Based Learning model on Arts, Culture, and Crafts (SBdP) subjects to Improve Elementary School Students' Creativity. The background of this study is based on the results of initial observations that there are problems with difficulties in developing student creativity in SBdP lessons. This study uses a quasi-experimental method with a one-group pretest- posttest design combined with a description of the process of implementing the model (quantitative descriptive) implemented at SDN 02 Dermolo. The results showed an average pretest score of 59.27 increased to 85.21 in the posttest. The paired sample t-test showed a significant difference between the pretest and posttest results, which means the application of the PjBL model has an effect on increasing student creativity. The N-gain analysis showed an average score of 0.55 or 55% (moderate category). Thus, the PjBL learning model has an effect on student creativity in SBdP subjects. This is evidenced by an increase in creativity scores from the pretest to the posttest which is statistically significant based on the paired sample t-test. The N-Gain value is in the moderate category, indicating that the implementation of PjBL is able to encourage an increase in students' creative thinking skills, including aspects of fluency, flexibility, originality, and elaboration. With observation sheets and assessment rubrics as supporting instruments, the observation scores for each creativity indicator show a good category. This indicates that the PjBL model is able to encourage students to think creatively, produce original ideas, and communicate their work with confidence.Downloads
References
Hasil analisis menunjukkan
bahwa 4 aspek memiliki nilai 0,8889
dan 1 lebih besar dari 0,4 < V > 0,7
dan dinyatakan valid, sedangkan 2
aspek lainnya memiliki nilai 0,7778
sedikit dibawah 0,8 < V > 1 sehingga
termasuk kategori cukup valid. Oleh
karena itu, angket dapat tetap
digunakan untuk penelitian, dengan
pertimbangan bahwa 2 aspek cukup
valid akan diperbaiki redaksi atau
kejelasan indikatornya untuk
meminimalkan bias respon siswa.
Secara keseluruhan, hasil uji
validitas menunjukkan bahwa ketiga
instrumen telah memenuhi kriteria
kelayakan untuk digunakan dalam
penelitian. Meskipun terdapat
beberapa aspek yang berkategori
cukup valid, instrumen tetap dipakai
dengan pertimbangan aspek tersebut
tidak menyimpang dengan tujuan
pengukuran dan masih relavan untuk
mengungkapka data penelitian.
kreativita siswa. Uji reliabilitas pada
penelitian ini dilakukan hanya
terhadap instrumen angket,
sedangkan instrumen observasi dan
rubrik penilaian tiddak dilakukan uji
reliabilitas karena keduanya
digunakan sebagai instrumen
pendukung dan penilaiannya bersifat
langsung melalui pengamatan serta
penilaian karya. Pengujian reliabilitas
angket dilakukan menggunakan
program SPSS dengan teknik
Cronbach’s Alpa.
Tabel 4 Hasil Uji Reliabilitas Angket
Reliability Statistics
Cronbach’s Alpha N of Items
0.913 30
1.1.2 Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas dilakukan setelah
instrumen dinyatakan valid
berdasarkan hasil uji validitas. Uji
reliabilitas bertujuan untuk mengethui
sejauh mana instrumen angket
dapatmemberikan hasil konsisten
ketika digunakan untuk mengukur
Hasil analisis menunjukkan nilai
Cronbach’s Alpha sebesar 0,913 yang
berarti berada diatas batas minimal
reliabilitas 0,70. Dengan demikian,
angket yang digunakan dalam
penelitian ini termasuk kategori sangat
reliabel. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa instrumen
angket layak digunakan untuk
pengumpulan data pada penelitian ini,
karena memiliki tingkat konsistensi
internal yang tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.