MENGASAH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PARAFRASE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COST PER LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Mahfuz afif Maulana Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizky Amelia Universitas Lambung Mangkurat
  • Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Wahdah Refia Rafianti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32721

Keywords:

Cost per Learning model, learning activity, critical thinking, paraphrasing, learning outcomes

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu belum maksimalnya aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan parafrase pada materi ide pokok. Solusi yang menyelesaikan masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Cost per Learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan parafrase setelah menggunakan model pembelajaran Cost per Learning. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Data yang diambil adalah data kualitatif yang diperoleh berdasarkan observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampikan berpikir kritis, dan keterampilan parafase serta data kuantitatif diperoleh melalui soal evaluasi tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan akvitas peserta didik dari menjadi 65% menjadi 88%, keterampilan berpikir kritis dari 50% menjadi 83%, dan keterampilan parafrase dari 49% menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model Cost per Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan aktivitas peserta didik, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan parafrase.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 281–288.

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014.

Aisya, N., & Sunarno. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(01), 249–253.

Akbari, R., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, Dan Kerja Sama Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pns Blend Pada Siswa Kelas V-a Di Sdn Basirih 1 Banjarmasin. Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ), 1(2).

Amelia, R., Mustadi, A., & Faif Pasan, C. (2024). Digital Didactical Design: A Promising Pedagogic Competence in Digital Era. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 133–140. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.16

Amelia, R., Suriansyah, A., Aslamiah, A., Maimunah, M., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2025). Empowering Future Educators: Analyzing Digital Literacy Skills in Elementary Teaching Assistants (TAs). The Innovation of Social Studies Journal, 6(2), 70. https://doi.org/10.20527/issj.v6i2.14778

Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. 2298–2305.

Apriyani, S., & Agusta, A. R. (2025). Meningkatkan Motivasi , Berpikir Kritis , dan Hasil Belajar Didik Menggunakan Model Pembelajaran “ LENTURE ” Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Mengenal Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V SDN Seberang Mesjid 5. 02(03), 871–877.

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.

Bulkis, M. H., & Amelia, R. (2024). MODEL BALANTING KELAS V SEKOLAH DASAR IMPROVING STUDENT ACTIVITY AND SPEAKING SKILLS IN HISTORICAL NARRATIVE TEXTS USING THE BALANTING MODEL IN FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL. 02(01), 1–17.

Fitrianti, E. K. (2021). Teachers’Perceptions Toward Cooperative Learning Implementation in Efl Classrooms. Journal of English Language and Literature Teaching, 6(1), 45–60.

Handayani, S., W Mintarti, S. U., & Megasari, R. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi “Model-model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0". In Strategi pembelajaran Ekonomi Model-model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0.

Herdyansyah, D. E., Dewi, R. K., Afriani, K., Zulfa, S. A., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 118. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1023

Herlindawati, E., & Madiun, U. P. (2024). Model Pembelajaran Make A Match dan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD Negeri Crabak Slahung Ponorogo. 3(2), 115–129. https://doi.org/10.25273/The

Ibrahim, M. M. M., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ide Pokok Menggunakan Model Cangkal Di Kelas III SDN Melayu 2 Banjarmasin. 15(1), 37–48.

Inayah, N., Aslamiah, Cinatya, C., & Amelia, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL BESTARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September).

Jonas, S. G. E., & Noorhaapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. 02(02), 545–552.

Laela, I. N., Nurlatifah, M., Atika, N. Z., W, R. S. E., & Septiana, U. (2024). Penerapan Model Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 94–105. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2710

Latifah, Y. J., Kamsiah, Murdjoko, Sulasih, Suriansyah, A., & Aslamiah. (2025). Analisis Kesiapan Sarana dan Prasarana Pendidikan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 5844–5856.

Leni, W., & Novitawati. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Mengunakan Kombinasi Model PBL, GI, Dan MAM Kelas V SDN Sungai MIAI 8. … Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN …, 01(03), 492–499.

Lestari, D., & Mahmuddin. (2024). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model PBL Dan Make A Match Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Memahami Isi Teks Eksplanasi Di Kelas 5 SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. 2(3), 1022–1029.

Luthfia, G. A., & Amelia, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN MENGGUNAKAN MODEL MADIHIN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Dikseda.Winayailmu.Id, 02(01), 1–14.

Mahliyani, Amelia, R., Darmiyati, & Annisa, M. (2024). KRITIS SISWA PADA MUATAN PPKn TEMA NEGARAKU INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING , DAN TALKING STICK , MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–9.

Marpuah, & Aslamiah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Tanggung Jawab, dan Motorik Halus Anak Melalui Model Project-Based Learning (PjBL)-Make A Match. 4(2), 82–90.

Maufikhoh, P. E., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Arsyad, M. Z. T., & Amelia, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Membangun Fondasi Multibahasa di SD Hippindo Banjarmasin. 2(3), 1138–1143.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Muhazir, M., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Siklus Air Menggunakan Model Baiman Siswa Kelas V …. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan …, 02(01), 1–15.

Murniarti, E. (2021). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Journal of Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Nahdia, A., & Agusta, A. R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PE MANCHING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Nazaruddin, Ratna, Noor, T., Fawaz, A., Cinantya, C., & Kamil, M. I. (2024). IMPLEMENTATION MODEL OF ELEMENTARY SCHOOL IN BANJARMASIN. 1(2), 54–63.

Nurmaida, & Aslamiah. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Peta. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(3), 347–350. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i3.291

Oktaviana, N., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Literature Review : Penerapan Model Kooperatif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. 11–18.

Purba, P. B., Mawati, A. T., Juliana, Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniwati, I., & Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas.

Radiansyah, Jannah, F., Sari, R., Hartini, Y., Amelia, R., & Fahlevi, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Hots ( Higher Order Thinking Skill ) Sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 372–380.

Rahimah, & Radiansyah. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, NHT, DAN PICTURE AND PICTURE. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(September).

Rahman, N. B., & Amelia, R. (2024). MODEL MAMANDA KELAS V SD IMPROVING LEARNING ACTIVITIES AND CRITICAL THINKING IN LEARNING MAIN IDEAS USING THE MAMANDA MODEL FOR CLASS V SD. 01(01), 1–12.

Rahmawati, S., & Sunarno. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Rumintin 1 Kabupaten Tapin. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(3), 448–454. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.1902

Ridhaningtyas, L. P., Falan, A., Auliya, S., Safitri, H. I., & Gunati, A. (2024). Penerapan Model Kooperatif Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa : Studi Literatur. 4(4), 216–233.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Lisbet Nov). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sumitro, E. A., & Romadhan, S. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan Kreatifitas serta Skill Menulis Teks Narasi dengan Tekhnik Parafrase Wacana Dialog Pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.24256/pijies.v4i2.2079

Supanti. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK Improving Students ’ Ability in Finding the Main Idea of Paragraphs Through a Scientific Approach in Class VI SD Negeri 1 Bumi Harjo. 105–111.

Suriansyah, A., Aslamiah, & Sulistiyani. (2015). PROFESI PENDIDIKAN “PERSPEKTIF GURU PROFESIONAL.” In PT. RajaGrafindo Persada (Vol. 1).

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053

Utami, S. E., Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Smk Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537

Downloads

Published

2025-09-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>