Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Negaraku Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IV SDN 016 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32756Keywords:
, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a MatchAbstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang untuk mengatasi rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Negaraku Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 016 Sungai Kunjang, Dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemeuan, dan masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasilnya menunjukkan efektivitas model ini. Nilai rata-rata pra-siklus yang awalnya 46,66 dengan ketuntasan 18,51% berhasil meningkat menjadi 89,59 dengan ketuntasan 92,59% pada akhir siklus II. Peningkatan ini membuktikan bahwa proses pembelajaran dengan metode Make a Match berhasil diterapkan selain meningkatkan hasil belajar juga meningkatkan pemahaman siswa.Downloads
References
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022).
Pengajaran Pendidikan Pancasila
di Sekolah Dasar Guna
Mempertahanakan Ideologi
Pancasila di era globalisasi. Jurnal
Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1 Juni
2022, 1541-1542.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur
Penelitian: Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Octavia, A, Shilphy. (2020). Model-
Model Pembelajaran. Yogyakarta:
Dee Publish.
Lessy, dkk (2024). Pendidikan Anak
Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan
Krisis. Jawa Barat: CV. Edupedia
Publisher
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.