SMART: PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES

Authors

  • Hendri Saputra Iskandar Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurmayanti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Syamsunir Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32829

Abstract

Permasalahan utama dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs Negeri 2 Sidrap adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga menurunkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran SMART berbasis google site menggunakan metode Research and Developmet (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: (1) Analysis, yaitu analisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik, (2) Design, yaitu perancangan flowchart storyboard, (3) Development, yaitu pembuatan produk, validasi, dan revisi, (4) Implementation, yaitu uji coba produk, (5) Evaluation, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Validitas produk diuji melalui angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Hasil validasi media memperoleh skor 82% (sangat valid), validasi materi 97% (sangat valid), respon guru terhadap media sebesar 98% (sangat praktis), dan respon siswa sebesar 86,93% (sangat praktis). Selain itu, angket minat belajar siswa menunjukkan skor rata-rata 89,16% yang termasuk kategori sangat baik. Untuk mengetahui keefektifan media, dilakukan tes pada 33 siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Sidrap sebagai kelas uji coba dengan hasil rata-rata 96%, dan tingkat ketuntasan mencapai 100%, menunjukkan media pembelajaran SMART sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, media SMART terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.   Kata Kunci: Media pembelajaran, Google Sites, SMART, Model ADDIE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

pembelajaran SMART masuk dalam

kategori “sangat efektif”.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan

pengembangan media pembelajaran

SMART untuk materi Menulis Teks

Pidato di kelas VIII D MTs Negeri 2

Sidrap, dapat disimpulkan bahwa

media ini sangat layak digunakan

dalam proses pembelajaran. Media

SMART dikembangkan dengan

pendekatan R&D menggunakan

model ADDIE dan berbasis platform

Canva serta Google Sites. Hasil

penilaian dari seluruh instrumen

menunjukkan kategori “sangat valid”,

yaitu angket aspek media sebesar

94%, aspek materi 94%, respons guru

94%, dan respons siswa 94%.

Penilaian validasi oleh para ahli

menunjukkan media memperoleh nilai

82%, validasi materi oleh validator ahli

1 sebesar 96%, dan validator ahli 2

sebesar 98%, dengan rata-rata

keseluruhan validasi materi mencapai

97%, yang juga termasuk kategori

“sangat valid”. Respons guru

pengampu Bahasa Indonesia

terhadap media mencapai 98% dan

respons siswa mencapai 86,93%,

keduanya termasuk kategori “sangat

praktis”. Media SMART juga terbukti

mampu meningkatkan minat belajar

siswa, dengan hasil angket minat

belajar mencapai 89,16% dengan

kategori “sangat baik”, serta tingkat

keefektifan media dalam

pembelajaran mencapai 100%

dengan kategori “sangat efektif”. Oleh

karena itu, media pembelajaran

SMART terbukti sangat valid, sangat

praktis, dan sangat efektif dalam

meningkatkan kualitas pembelajaran

Bahasa Indonesia serta sangat baik

dalam meningkatkan minat belajar

siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Abas, W. (2021). Analisa Kepuasan

Mahasiswa Terhadap Website

Universitas Negeri Yogyakarta

(UNY). Publikasi Ilmiah unwahas,

1–6.

https://publikasiilmiah.unwahas.a

c.id/index.php/PROSIDING_SNS

T_FT/article/viewFile/759/871

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M.

(2021). Penggunaan Media

Pembelajaran Google Site dalam

Pembelajaran Bahasa Inggris

Kelas V SD. Educate : Jurnal

Teknologi Pendidikan, 6(2), 20.

https://doi.org/10.32832/educate.

v6i2.4891

Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan

Kedisiplinan Belajar Peserta Didik

Melalui Media Google Sites.

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 9(1).

https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.

53839

Downloads

Published

2025-09-12