SMART: PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32829Abstract
Permasalahan utama dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs Negeri 2 Sidrap adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga menurunkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran SMART berbasis google site menggunakan metode Research and Developmet (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap: (1) Analysis, yaitu analisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik, (2) Design, yaitu perancangan flowchart storyboard, (3) Development, yaitu pembuatan produk, validasi, dan revisi, (4) Implementation, yaitu uji coba produk, (5) Evaluation, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Validitas produk diuji melalui angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Hasil validasi media memperoleh skor 82% (sangat valid), validasi materi 97% (sangat valid), respon guru terhadap media sebesar 98% (sangat praktis), dan respon siswa sebesar 86,93% (sangat praktis). Selain itu, angket minat belajar siswa menunjukkan skor rata-rata 89,16% yang termasuk kategori sangat baik. Untuk mengetahui keefektifan media, dilakukan tes pada 33 siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Sidrap sebagai kelas uji coba dengan hasil rata-rata 96%, dan tingkat ketuntasan mencapai 100%, menunjukkan media pembelajaran SMART sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, media SMART terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci: Media pembelajaran, Google Sites, SMART, Model ADDIE.Downloads
References
pembelajaran SMART masuk dalam
kategori “sangat efektif”.
D. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan
pengembangan media pembelajaran
SMART untuk materi Menulis Teks
Pidato di kelas VIII D MTs Negeri 2
Sidrap, dapat disimpulkan bahwa
media ini sangat layak digunakan
dalam proses pembelajaran. Media
SMART dikembangkan dengan
pendekatan R&D menggunakan
model ADDIE dan berbasis platform
Canva serta Google Sites. Hasil
penilaian dari seluruh instrumen
menunjukkan kategori “sangat valid”,
yaitu angket aspek media sebesar
94%, aspek materi 94%, respons guru
94%, dan respons siswa 94%.
Penilaian validasi oleh para ahli
menunjukkan media memperoleh nilai
82%, validasi materi oleh validator ahli
1 sebesar 96%, dan validator ahli 2
sebesar 98%, dengan rata-rata
keseluruhan validasi materi mencapai
97%, yang juga termasuk kategori
“sangat valid”. Respons guru
pengampu Bahasa Indonesia
terhadap media mencapai 98% dan
respons siswa mencapai 86,93%,
keduanya termasuk kategori “sangat
praktis”. Media SMART juga terbukti
mampu meningkatkan minat belajar
siswa, dengan hasil angket minat
belajar mencapai 89,16% dengan
kategori “sangat baik”, serta tingkat
keefektifan media dalam
pembelajaran mencapai 100%
dengan kategori “sangat efektif”. Oleh
karena itu, media pembelajaran
SMART terbukti sangat valid, sangat
praktis, dan sangat efektif dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran
Bahasa Indonesia serta sangat baik
dalam meningkatkan minat belajar
siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Abas, W. (2021). Analisa Kepuasan
Mahasiswa Terhadap Website
Universitas Negeri Yogyakarta
(UNY). Publikasi Ilmiah unwahas,
1–6.
https://publikasiilmiah.unwahas.a
c.id/index.php/PROSIDING_SNS
T_FT/article/viewFile/759/871
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M.
(2021). Penggunaan Media
Pembelajaran Google Site dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris
Kelas V SD. Educate : Jurnal
Teknologi Pendidikan, 6(2), 20.
https://doi.org/10.32832/educate.
v6i2.4891
Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan
Kedisiplinan Belajar Peserta Didik
Melalui Media Google Sites.
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 9(1).
https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.
53839
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.