PENGGUNAAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32889Keywords:
fishbone diagram, keterampilan menulis, teks prosedur.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media fishbone diagram terhadap keterampilan menulis teks prosedur di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ekperimen yaitu pre ekperimen tipe design one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlahkan 20 peserta didik di kelas IV SDN 3 Cigembor. Data yang diperoleh dengan cara melakukan tes awal (pretest) dan teks akhir (posttest) untuk melihat adanya pengaruh dari nilai sebelum dan sesudah dilakukannya pemberian treatment berupa penggunaan media fishbone diagram. Nilai pretest dan posttest kemudian diolah menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial yaitu uji normalitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media fishbone diagram berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai pretest sebesar 9,25 dan posttest sebesar 11 setelah dilakukan treatment dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 atau (0,001 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hasil keterampilan menulis peserta didik di kelas IV SDN 3 Cigembor lebih baik setelah menggunakan media fishbone diagram.Downloads
References
Agustina, W. (2024). Keterampilan menulis teks prosedur melalui pemanfaatan media lingkungan sekolah pada peserta didik kelas IV. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 9-16.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Gulo, M., & Tamba, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Silent Demonstration Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(1), 46-55.
Indihadi, D. (2018). Pengantar Ragam Bahasa Indonesia Ilmiah. Bandung: Pelangi Press.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan pemahaman penggunaan huruf kapital dalam menulis teks deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16-27.
Rishayatin, S., Indrihadi, D., & Saputra, E. R. (2024). Pengaruh penggunaan media fishbone diagram terhadap keterampilan menulis teks eksposisi hortatori peserta didik kelas IV SDN 1 Cigembor. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 352-358.
Safitri, A., & Nanda, D. S. (2016). The Influence of Using Fishbone Ishikawa Technique to Improve Students' Writingskill of the First Semester Students of English Education Study Program Teacher Training and Education Faculty Universitas Bandar Lampung. Linguistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bandar Lampung, 7(2), 500170.
Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Bogor: Guepedia.
Simanjuntak, O., Putri, T. S., & Pakpahan, Y. A. (2022). The Implementation Of Fishbone Strategy To Improve The Students’argumentative Writing Skill. International Journal of Multi Science, 2(11), 67-79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.