PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR NAGA PADA PEMBELAJARAN RUKUN SHOLAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Aliyasal Sabila Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32992

Keywords:

Islamic religious education, pillars of prayer, interest in learning, game media. Dragon snake game

Abstract

Particularly at the elementary school level, Islamic Religious Education (PAI) plays a significant role in developing pupils' understanding and character. Because of ineffective teaching strategies and unsuitable learning resources, students frequently struggle to comprehend the pillars of prayer material, which are a set of guidelines and standards. In order to boost second-grade primary school students' interest in learning about the pillars of prayer, this study intends to use the dragon snake game as an engaging and interactive teaching tool. Descriptive qualitative research methodology is employed, and data is gathered through semi-structured interviews, documentation, and participant observation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dapat menjadi alternatif efektif dalam mengatasi kesulitan

siswa dalam memahami materi rukun sholat . selain itu,

pendekatan ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan

kerja sama antar siswa saat mengikuti permainan .

Secara keselurujan , penelitian ini menunjukkan bahwa

pendekatan pembelajaran berbasis permainan, seperti ular

naga, sangat mungkin digunakan sebagai alternatif untuk

mengajarkan siswa rukun sholat , metode ini tidak hanya

meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, tetapi juga

menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama siswa

selama proses pembelajaran .

E. Kesimpulan

Pembelajaran rukun sholat dengan menggunakan

permainan ular naga terbukti sebagai metode yang efektif dan

inovatif dalam meningkatkan pemahaman serta keterampilan

siswa kelas 2 MI Muhammadiyah 5 Jombang. Metode ini

menggabungkan aktivitas fisik, sosial, dan kognitif melalui

penggunaan kartu soal dan jawaban yang disusun secara

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 03, September 2025

sistematis sesuai urutan rukun sholat. Hasil observasi

menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan siswa

dalam menyebutkan, mengurutkan, dan mempraktikkan rukun

sholat secara benar, serta meningkatnya antusiasme dan daya

ingat siswa terhadap materi pembelajaran. Selain itu,

permainan ini juga menumbuhkan nilai-nilai sosial seperti kerja

sama, disiplin, dan tanggung jawab, sehingga pembelajaran

menjadi lebih holistik dan menyenangkan bagi anak-anak.

Lebih lanjut, wawancara dengan wali kelas dan hasil

observasi mengindikasikan bahwa metode demonstrasi yang

sebelumnya digunakan kurang optimal dalam membantu

semua siswa memahami rukun sholat secara menyeluruh.

Dengan penerapan permainan ular naga, siswa menjadi lebih

termotivasi dan aktif dalam proses belajar, yang tercermin dari

antusiasme tinggi dan keterlibatan mereka selama

pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat aspek

kognitif dan motorik, tetapi juga mengembangkan keterampilan

sosial dan emosional siswa. Oleh karena itu, permainan ular

naga dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang

efektif dan menyenangkan untuk mengajarkan rukun sholat,

Downloads

Published

2025-08-31