PENGARUH PAPAN PINTAR MATEMATIKA (PAPINKA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG DALAM MATERI PENJUMLAHAN DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS 1 SDN CENGKLIK SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025.
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33395Keywords:
Media Pembelajaran, Papan Pintar Matematika, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari papan pintar matematika (Papinka) terhadap kemampuan menghitung siswa, khususnya dalam materi penjumlahan, dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa kelas 1 di SDN Cengklik Surakarta. Media papan pintar matematika merupakan alat yang dirancang dalam bentuk papan untuk mencapaikan informasi dan merangsang minat serta pemikiran siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain eksperimental awal yang disebut one group pretest posttest desain. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa di kelas 1B dan 1C di SDN Cengklik Surakarta titik proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling titik instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencangkup tes untuk hasil belajar, yaitu pretest dan post test. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan dalam nilai rata-rata hasil belajar setelah penggunaan media papan pintar matematika titik hasil uji statistik menggunakan ankova menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05, diperoleh hasil bahwa penggunaan media papan pintar matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai rata-rata posttest tercatat sebesar 86.51, mengalami kenaikan sebesar 13.92 poin dari nilai rata-rata pretest sebelumnya, yaitu 72.59. Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest .Downloads
References
poin. Dengaìn demikiaì n, terdaìpaìt
perbedaìaì n yaìng signifikaì n paì daì nilaìi
tes yaìng diberikaì n kepaìdaì murid
kelaìs 1 SDN Cengklik
SuraìkaìrtaìTaìhun AÌjaìraì n 2024/2025.
Berdaìsaìrkaìn aìnaìlisis daìtaì yaìng
sudaìh di uji menggunaìkaìn uji
AÌNCOVAÌ yaìng menggunaìkaì n SPSS
27 diperoleh nilaìi hitung dengaìn haìsil
nilaì i Meaìn Squaìre sebesaìr 2068.972
daìn nilaì i F sebesaìr 8.106 sehinggaì
sig > maìkaì Ho ditolaìk, ini beraìrti aìdaì
perbedaìaì n pengaìruh aìntaìraì keduaì
kelompok setelaìh kemaìmpuaìn
menghitung dikendaìlikaìn. Jaìdi daìri
pengujiaìn aìncovaì ini daì paìt
disimpulkaì n baìhwaì, aìdaì pengaìruh
paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì PAÌPINKAÌ
terhaìdaì p kemaìmpuaì n menghitung
daìlaìm maìteri penjumlaì haìn dengaìn
mengontrol kemaìmpuaìn aìwaìl siswaì
kelaìs 1 SDN Cengklik Suraìkaìrtaì
taìhun aìjaìraìn 2024/2025. Maìkaì daì paìt
disimpulkaì n baìhwaìsaìnnyaì
pemaìkaì iaìn mediaì paìpaì n pintaìr
maìtemaìtikaì cukup berpengaìruh
terdaìpaìt kemaìmpuaìn menghitung
siswaì kelaìs 1 SDN Cengklik
SuraìkaìrtaìTaìhun AÌjaìraì n 2024/2025.
Selaìin peningkaìtaìn nilaìi daìn sikaìp
belaì jaìr siswaì. Sebelum pemaìkaìiaìn
mediaì paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì,
baìnyaìk siswaì yaìng maìsih ngobrol
sendiri saìaìt mengikuti pembelaìjaìraì,
kuraìng percaìyaì diri daìlaìm
menyelesaìikaìn tugaìs baì hkaìn aìdaì
beberaìpaì siswaì yaìng maìsih kesulitaìn
daìlaìm menyelesaìikaìn tugaìs secaìraì
maìndiri, sertaì cenderung bergaì ntung
paìdaì baìntuaìn guru aìtaìu temaìn.
Naìmun sesudaìh diteraì pkaìn mediaì
paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì, siswaì
memperlihaìtkaì n perubaìhaìn sikaìp
yaìng positif seperti lebih beraìni
menjaì waìb pertaìnyaì aìn ketikaì guru
memberi pertaìnyaì aìn, sertaì lebih
bertaìnggung jaìwaìb daìlaìm
menyelesaìikaìn tugaìs-tugaìs taìnpaì
haìrus diaìraìhkaìn oleh guru.
Perubaì haìn ini memperlihaìtkaìn
baìhwaìsaìnyaì mediaì paìpaìn pintaìr
maìtemaìtikaì berpengaìruh daìlaìm
kemaìmpuaìn menghitung siswaì,
khususnyaì daìlaìm haìl menyelesaìikaìn
tugaìs. Pemaìkaìiaì n paìpaìn pintaìr
maìtemaìtikaì maìmpu menggaìli
kemaìmpuaìn aìwaìl siswaì untu belaìjaìr
secaìraì maìndiri.
DAÌFTAÌR PUSTAÌKAÌ
AÌgung Saìputro, T., Raìtu, N., Studi
Pendidikaìn Maìtemaìtikaì, P., & Kristen
Saìtyaì Waìcaìnaì Saì laìtigaì, U. (2018).
Pengembaìngaìn Mediaì Pembelaìjaìraìn
Mengunaìkaì n AÌplikaìsi Construct 2
Paìdaì Maìteri AÌljaìbaìr Kelaìs Vii
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.