PENGARUH PAPAN PINTAR MATEMATIKA (PAPINKA) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG DALAM MATERI PENJUMLAHAN DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS 1 SDN CENGKLIK SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025.

Authors

  • Frida Nur Anisa Universitas Slamet Riyadi
  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi
  • Oka Irmade Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33395

Keywords:

Media Pembelajaran, Papan Pintar Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari papan pintar matematika (Papinka) terhadap kemampuan menghitung siswa, khususnya dalam materi penjumlahan, dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa kelas 1 di SDN Cengklik Surakarta. Media papan pintar matematika merupakan alat yang dirancang dalam bentuk papan untuk mencapaikan informasi dan merangsang minat serta pemikiran siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam bidang matematika. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain eksperimental awal yang disebut one group pretest posttest desain. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa di kelas 1B dan 1C di SDN Cengklik Surakarta titik proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling titik instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencangkup tes untuk hasil belajar, yaitu pretest dan post test. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan dalam nilai rata-rata hasil belajar setelah penggunaan media papan pintar matematika titik hasil uji statistik menggunakan ankova menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05, diperoleh hasil bahwa penggunaan media papan pintar matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai rata-rata posttest tercatat sebesar 86.51, mengalami kenaikan sebesar 13.92 poin dari nilai rata-rata pretest sebelumnya, yaitu 72.59. Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest .

Downloads

Download data is not yet available.

References

poin. Dengaìn demikiaì n, terdaìpaìt

perbedaìaì n yaìng signifikaì n paì daì nilaìi

tes yaìng diberikaì n kepaìdaì murid

kelaìs 1 SDN Cengklik

SuraìkaìrtaìTaìhun AÌjaìraì n 2024/2025.

Berdaìsaìrkaìn aìnaìlisis daìtaì yaìng

sudaìh di uji menggunaìkaìn uji

AÌNCOVAÌ yaìng menggunaìkaì n SPSS

27 diperoleh nilaìi hitung dengaìn haìsil

nilaì i Meaìn Squaìre sebesaìr 2068.972

daìn nilaì i F sebesaìr 8.106 sehinggaì

sig > maìkaì Ho ditolaìk, ini beraìrti aìdaì

perbedaìaì n pengaìruh aìntaìraì keduaì

kelompok setelaìh kemaìmpuaìn

menghitung dikendaìlikaìn. Jaìdi daìri

pengujiaìn aìncovaì ini daì paìt

disimpulkaì n baìhwaì, aìdaì pengaìruh

paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì PAÌPINKAÌ

terhaìdaì p kemaìmpuaì n menghitung

daìlaìm maìteri penjumlaì haìn dengaìn

mengontrol kemaìmpuaìn aìwaìl siswaì

kelaìs 1 SDN Cengklik Suraìkaìrtaì

taìhun aìjaìraìn 2024/2025. Maìkaì daì paìt

disimpulkaì n baìhwaìsaìnnyaì

pemaìkaì iaìn mediaì paìpaì n pintaìr

maìtemaìtikaì cukup berpengaìruh

terdaìpaìt kemaìmpuaìn menghitung

siswaì kelaìs 1 SDN Cengklik

SuraìkaìrtaìTaìhun AÌjaìraì n 2024/2025.

Selaìin peningkaìtaìn nilaìi daìn sikaìp

belaì jaìr siswaì. Sebelum pemaìkaìiaìn

mediaì paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì,

baìnyaìk siswaì yaìng maìsih ngobrol

sendiri saìaìt mengikuti pembelaìjaìraì,

kuraìng percaìyaì diri daìlaìm

menyelesaìikaìn tugaìs baì hkaìn aìdaì

beberaìpaì siswaì yaìng maìsih kesulitaìn

daìlaìm menyelesaìikaìn tugaìs secaìraì

maìndiri, sertaì cenderung bergaì ntung

paìdaì baìntuaìn guru aìtaìu temaìn.

Naìmun sesudaìh diteraì pkaìn mediaì

paìpaì n pintaìr maìtemaìtikaì, siswaì

memperlihaìtkaì n perubaìhaìn sikaìp

yaìng positif seperti lebih beraìni

menjaì waìb pertaìnyaì aìn ketikaì guru

memberi pertaìnyaì aìn, sertaì lebih

bertaìnggung jaìwaìb daìlaìm

menyelesaìikaìn tugaìs-tugaìs taìnpaì

haìrus diaìraìhkaìn oleh guru.

Perubaì haìn ini memperlihaìtkaìn

baìhwaìsaìnyaì mediaì paìpaìn pintaìr

maìtemaìtikaì berpengaìruh daìlaìm

kemaìmpuaìn menghitung siswaì,

khususnyaì daìlaìm haìl menyelesaìikaìn

tugaìs. Pemaìkaìiaì n paìpaìn pintaìr

maìtemaìtikaì maìmpu menggaìli

kemaìmpuaìn aìwaìl siswaì untu belaìjaìr

secaìraì maìndiri.

DAÌFTAÌR PUSTAÌKAÌ

AÌgung Saìputro, T., Raìtu, N., Studi

Pendidikaìn Maìtemaìtikaì, P., & Kristen

Saìtyaì Waìcaìnaì Saì laìtigaì, U. (2018).

Pengembaìngaìn Mediaì Pembelaìjaìraìn

Mengunaìkaì n AÌplikaìsi Construct 2

Paìdaì Maìteri AÌljaìbaìr Kelaìs Vii

Downloads

Published

2025-09-11