PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SD NEGERI 015019 DAHANA TABALOHO GUNUNGSITOLI,NIAS.

Authors

  • Nursini Lase Nursini Lase UMN AL WASHLIYAH MEDAN
  • Dara Fitrah Dwi PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Beta Rapita Silalahi PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Safrida Napitupulu PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33519

Keywords:

Kata Kunci : Media Pembelajaran Power Point, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Media pembelajaran berbasis teknologi, seperti Power Point, telah menjadi salah satu alat yang populer dalam pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Pada Pelajaran Seni Budaya  di SD Negeri 015019 Dahana Tabaloho Desain penelitian dalam penelitian ini termasuk dalam jenis one grup desaign pre-test and post-test. Metode dalam penelitian ini adalah termasuk dalam jenis eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II  SD Negeri 015019 Dahana Tabaloho sejumlah 24 siswa yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki 15 perempuan. Berdasarkan hasil post-test yang diperoleh dari 24 siswa, total nilai yang terkumpul meningkat menjadi 1896. Nilai maksimum yang dicapai oleh seorang siswa dalam post-test adalah 151,68, sedangkan nilai minimum adalah 67. Rata-rata nilai post-test juga mengalami peningkatan yang signifikan. Distribusi statistik post-test menunjukkan adanya peningkatan performa siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media PowerPoint. Peningkatan dalam nilai maksimum dan nilai minimum dibandingkan dengan pre-test menunjukkan adanya perkembangan positif dalam hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Penggunaan media pembelajaran PowerPoint terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test adalah 51,75, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 79,00. Hal ini menunjukkan bahwa media PowerPoint berhasil meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Power Point, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. 2017. Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (1), 35-49. (https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866/ 1387), diakses pada 28 Maret 2024.

Ahmad, S., & Susanto, B. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas II SD. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 87-96.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Atika Izzatul Jannah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Bahasan Himpunan Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa Smp Kelas VII. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 55–65.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,(Jakarta:PT Raja Grafindo.2014). hal. 9 Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning.

Deriyan, L. F., & Nurmairina. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Aplikasi Capcut Di Kelas V SD. Jurnal-Lp2M.Umnaw.Ac.Id, 07, 1–10.

Dian Bakhtiar. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Dalam Seminar Nasional Pendidikan 1, 650–660.

Firmansah, S., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Capcut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas Xi Jurusan Desain Komunikasi Visual Smk Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Holistic Science, 1(2), 21–24.

Hafiziani Eka Putri and others, ‘Development of Instruments to Measure Mathematical Anxiety of Elementary School Students’, International

Haling dan Pattaufi. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: UniversitasNegeri Makassar.

Hasanah “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Zoom Meeting Dimasa Pandemi Virus Covid-19. “JgURUKU:Jurnal Penelitian Guru 1.1 (2023).

Hidayat Rahmat, (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Kelas 2 SD Negeri 09 Kota Luar Padang.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 3.1

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jppguseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15.

Husna, T. (2020). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Bergambar DanPower Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, 11(03),779-788.

Karim, Abdul. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Karin, K. Sujarwo. (2023). Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data Dalam Bnetuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, , 7(2),129-141.

Khaira Hafizatul. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Dalam Prosiding Seminar Nasional, 43, 21.

Maryatun, M. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Nurmairina. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Bergambar Dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. “Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam 11.03 (2022).

Nyimas Aisyah. (2009). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD Nyimas Aisyah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 1–9.

Permadi, A., & Santoso, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 45-56.

Rahayu, S. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas II SD. Dalam Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 5(2), 100- 110.

Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Saktya Khomsilawati. (2017). Penguatan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Sastra Melalui Adaptasi Kearifan Lokal. Dalam Prosiding SENASBASA 1, 370–375.

Ssisway. Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta:Kaukaba dipantara, 2013 .

Siregar, R., & Lubis, F. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Power Point Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas II SD. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 23-34.

Smith, A., & Jones, B. (2019). The Impact of Visual and Animated Presentations on Student Understanding: A Comparative Analysis. Dalam Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 28 (3), 245-267.

Sofiyan Siregar, Statistic Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, (Jakarta:Bumi Aksara, 2014) hal. 30.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 20, 138.

Suharisimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 107.

Sukardi, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmawati, D, Cahyani, I. (2016). Efektivitas Model Concentrated Language Encounter (cle) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1),26-38.

Susanti, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat dan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SD. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 80-90.

Sutikno, & Saragih, A. (2018). Penerapan Media Audio Visual Sinematisasi Sastra Dalam Pembelajaran Sastra. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1(1), 271–275.

Tim Dosen UMN. (2022). Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMN Al-washliyah. Medan. Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah.

Zaenal Arifin. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian Zaenal Arifin. Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Dalam Jurnal THEOREMS

Downloads

Published

2025-09-15

Most read articles by the same author(s)