PEMIKIRAN A. MALIK FADJAR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS

Authors

  • Muhammad Basarrudin STIT Darul Ulum Kubu Raya Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34757

Keywords:

Thinking A. Malik Fadjar, Islamic Education, Humanist

Abstract

Abstrak

Tranformasi diri dan komunitas adalah hasil dari pendidikan. Pendidikan humanis adalah proses pendidikan yang menganut humanisme dan menempatkan seseorang sebagai objek utama. Adanya kesamaan kedudukan manusia adalah dasar pendidikan humanis, dan A. Malik Fadjar adalah salah satu tokoh yang mendukung gagasan ini. Pendidikan humanis diharapkan dapat membangun peradaban dengan membangun budaya yang memaksimalkan potensi akal dan kebebasan seseorang dalam mengeksplorasi kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemikiran A. Malik Fadjar tentang pendidikan Islam humanis. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis. Data primer dan data sekunder adalah sumber data penelitian ini. Penelitian ini juga menggunakan analisis data kualitatif. Analisis isi juga digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran A. Malik Fadjar tentang pendidikan Islam humanis bersandar pada konsep tauhid, yang dapat membangun peradaban dan keadaban manusia. Ada keseimbangan antara dunia dan akhirat ketika manusia dapat memaksimalkan dan menyeimbangkan potensi jiwa dan raganya seiring dengan laju kemajuan sains dan teknologi. Semua elemen pendidikan Islam humanis, termasuk guru, siswa, metode, lingkungan pendidikan, dan kurikulum, dibangun dan dijalankan berdasarkan konsep tauhid integral.

Kata kunci: Pemikiran A. Malik Fadjar, Pendidikan Islam, Humanis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syaibani. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Amin, Mohammad, dkk. (1979). Humanistic Education. Bandung: Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Atiyah, Muhammad, Al-Abrashy. (1970). Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Jamaly, Fadhil, Mohammad. (1986). Filsafat Pendidikan dala al- Qur‟an, Jakarta: PT Bina Aksara

Dahlan, Muhammad, Ihsan, Syaikh. (2009). Siraj al-Thalibin ala Syarh Mihaj al-Abidin. Bairut: Dar al-Fikr, Jilid 1.

Fadjar, Malik, A. (1998). Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia.

Fadjar, Malik, A. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Jakarta: MIZAN.

Fadjar, Malik, A. (2003). Pendidikan Sebagai Praksis Humanisasi. Yogyakarta: Pustaka Suara Muhammadiyah.

Fadjar, Malik, A dan Tholkah, Imam. (2004). Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadjar, Malik, A. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fadjar, Malik, A. (2008). Tinta Yang Tidak Pernah Habis. Jakarta: INTI.

Hudjono, Anwar. (2006). Darah Guru Darah Muhamammadiyah Perjalananan Hidup Abdul Malik Fadjar. Jakarta: Buku Kompas.

Hakim, Nur. (2010). Rekontruksi Pemikiran A. Malik Fadjar Tentang Pembaharuan Madrasah. Jurnal: PROGRESIVA, Vol. 4, No. 1.

http://piba tdmrc.org/content/landasan-filosofi-pendidikan damai.

Idris. (2014). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal: MIQOT, Vol. 38, No. 2.

Kartono, Kartini. (2000). Pengantar Metodologi Research. Bandung: Tarsiti.

Kamal, Hikmat dan Nata, Abuddin. (2017). Pemikiran Pendidikan A. Malik Fadjar. Jurnal: Ta’dibuna, Vol. 6, No. 1.

Mas’ud, Abdurahman. (2002). Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik. Yogyakarta: Gama Media.

Mas’ud, Abdurahman. (2003). Menuju Paradigma Islam Humanis. Yogyakarta: Gama Media.

Mukhyidin, Imam. (2020). Analsis Konsep Pendidikan Humanisme Religius Menurut Abdurrahman Mas’ud. Jurnal Studi Agama, Millah Volume 20. No. 1.

Munzir. (1999). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarata: Rajawali Press.

Mustofa, Luthfy, M. (2004). Jejak Tokoh Pengembangan Universitas Islam Negri (UIN). Malang: Unit Penerbit UIN Malang.

Nata, Abuddin. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nur’aini, Ahmad. (2017). Pendidikan Islam Humanis Kajian Pemikiran A. Malik Fadjar. Jakarta: Onglam Books.

Rahim, Husni. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&B) Bandung: Alfabeta.

Susilo, Eko. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan, Cet II. Semarang: Effhar.

Sumantri, Mulyani dan Permana, J. (1998). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Depdikbud.

Safitri, Nilam dan Az-Zafi, Ashif. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Jurnal: Al-Murrabbi, Vol. 7, No. 1.

Saefuddin. (1987). Desekularisasi Pemikiran (Landasan Pemikiran). Bandung: Mizan.

Syaifuddin, Udin dan Syamsudin, Abin. (2005). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tabrani, ZA. (2015). Persuit Epistomology of Islamic Studies. Yogyakarta: Ombak.

Wahab, Abdul. (2008). Corak Pemikiran A. Malik Fadjar Pengembangan Madrasa Pada Era Gobalisasi (Studi Pemikiran Tokoh Pendidikan). Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2025-10-30