ALIH KODE DAN CAMPUR KODE TUTURAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Heni Inaya Universitas PGRI Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34794

Keywords:

Tuturan, Guru - Siswa, SMP, Kendal.

Abstract

Heni Inaya, 2025.“Alih Kode Dan Campur Kode Tuturan Guru Dan Siswa Dalam  Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Kabupaten Kendal”. Tesis. Pembimbing (1) Dr. Asrofah, M. Pd; (2) Dr. Nazla Maharani Umaya, S.S.,M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang.

Penelitian ini berfokus pada alih kode dan campur kode tuturan dan siswa dalam proses pembelajara bahasa Indonesia. Faktor penyebab alih kode penutur, kehadiran orang ketiga, perubahan situasi (dari formal ke informal atau sebaliknya). Sehingga faktor tersebut menimbulkan terjadinya alih kode dan campur kode.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode serta fungsinya dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Kendal.

Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif  kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libat cakap (SBLC) dan rekam. Hasil penelitian menunjukkan data yang di peroleh peneliti, berjumlah 37 data tuturan. Tuturan yang mengandung bentuk alih kode berjumlah 9 data, semuanya bentuk alih kode intra kalimat. Bentuk campur kode berjumlah 28 data. Bentuk campur kode yang paling banyak ditemukan dalam tuturan kata sebanyak 193 data, frasa 62 data, dalam bentuk kalimat berjumlah 6 data. Bentuk campur kode lebih banyak ditemukan karena beberapa faktor, diantaranya faktor penutur, topik, tujuan komunikasi, ragam bahasa yang digunakan, tingkat tutur bahasa, situasi dan tempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. C. & L. (2014). Perkenalan Awal Sosiolinguistik.

Agustina, A. C. dan L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Ahmad Saepudin, Ai Resty Nurhaliza, et al. (2023). Kajian Penerapan Linguistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (pertama). CV Jejak, anggota IKAPI. www.jejakpublisher.com

Akhyaruddin, D. (2023). DOMINASI CAMPUR KODE DALAM BAHASA MELAYU JAMBI. 29(1), 137–148.

Alawiyah, S. R., Agustiani, T., & Humaira, H. W. (2021). Wujud dan Faktor Penyebab Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial Pedagang dan Pembeli di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 197–207. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Amalia, G. D. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII F SMP Negeri 2 Brangsong Kabupaten Kendal. 1–23.

Ambo, D. (2015). PERAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA (N. Anoegrajekti, S. Macaryus, E. Boeriswati, F. Murtadho, & M. K. A (ed.)).

Amping, A. T., Palimbong, D. R., Tanduk, R., Kristen, U., & Toraja, I. (2023). Alih Kode Dalam Tuturan Guru Pada Kegiatan Belajar Mengajar Di Smpn 1 Tikala Kecamatan Tikala. Mataallo: Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1), 34–43.

Ana Dahniar, & Rr. Sulistyawati. (2023). Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 55–65. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8988

Anwar, Chairil Kompot, Eli Yanti, et al. (2025). Linguistik Umum (Ari Yanto (ed.); pertama). AIKOMEDIA PRESS.

Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Ix Unggulan Smp Pgri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/0

Arisa, G. T. (2021). Alih Kode Bahasa Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Sd Negeri 11 Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7787/

Aryani, N. (2020). Alih Kode Dan Campur Kode Guru-Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(1), 25–33. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4474

Aslinda, L. S. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. PT Refika Aditama.

Kridalaksana, H. (2010). Kamus Linguistik (keempat). Gramedia Pustaka Utama.

Kusnawan, E., & Masrin, M. (2021). Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Cinta

Dalam Diam Karya Shineeminka. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(3), 228. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i3.10812

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif (S. Fiartun Annisya, S.E., & Sukarno, S.IP (ed.)).

Majid, A. (2017). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF (Pertama).

Mansyur Srisudarso, D. (2023). LINGUISTIK UMUM (M. A. Andi Asari (ed.); Pertama).

Melani, M. V., & Yudi Utomo, A. P. (2022). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Akun Baksosapi.gapakemicin dalam Unggahan di Instagram (Suatu Analisis Pragmatik). GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 250–259. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.3528

Mulyani, H. (2019). Alih Kode Dalam Tuturan Siswa Dengan Guru Di SMP Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Sustainability (Switzerland), 11(1), 115. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Muslich, M. (2008). Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia (F. Yustianti (ed.); pertama).

Nelvia, S. (2019). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik. Bahasa Indonesia, 17, 87–98.

Ningrum, F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 119–125.

Nur Faelani & Eny Setyowati. (2016). TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PACITAN. 01, 1–23.

Octavita, R. A. I. (2017). Code Mixing and Code Switching in Novel The Devil Wears Prada by Lauran Weisberger:A Sociolinguistic Study. Scope : Journal of English Language Teaching, 1(01), 69. https://doi.org/10.30998/scope.v1i01.872

Ohoiwutun, P. (2002). Sosiolinguistik memahami bahasa dalam konteks masyarakat dan kebudayaan.

Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 77–91. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426

Rahardi, R. K. (2001). Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode.

Sudaryanto. (2015). Metode Linguistik: Bagian Kedua, Metode dan Teknik.

Sudaryanto, S., Hermanto, H., & Wijayanti, D. (2018). Wacana Padanan Istilah Asing-Indonesia Dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). Jurnal Pesona, 4(2), 1. https://doi.org/10.26638/jp.673.2080

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.

Sulistyowati. (2008). Halaman 168-178 * Staf Pengajar Jurusan Sastra Nusantara. Fakultas Ilmu Budaya, 20(2), 168–178.

Suryabrata, S. (1997). Metodologi penelitian.

Suryawati, N. (2013). An Analysis of Code Switching Occurred in A Puppet Show. Anglicist, 02(01), 43–43. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-anglicist1e82851b6efull.pdf

Tarigan, H. T. dan D. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. angkasa.

Udjang Basir. (2002). Sosiolinguistik: Pengantar Kajian Tindak Berbahasa.

Waris, A. M. (2012). Code Switching and Mixing. Encyclopedia of Language & Linguistics, 123–135. https://doi.org/10.1016/b0-08-044854-2/01507-8

Widdowson, H. G. (1996). Linguistics (1 ed.). Gramedia Pustaka Utama. BukuKita.com

Wigati, N., & Basir, U. P. M. (2022). Proses Alih Kode Dan Campur Kode Interaksi Bahasa Para Pemuda Di Desa Purworejo, Sanankulon Blitar. Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 192–210.

Yanti, M., Syahriandi, & Rahayu, R. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Tuturan Siswa Di Mtss Jabal Nur Paloh Lada Kabupaten Aceh Utara. 4, 137–150.

Yuliati, E. (2010). Alih Kode dan Campur Kode dalam Cerbung Dolanan Geni Karya Suwardi Endraswara (Analisis Sosiolinguistik).

Yuniati, I. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 6 Kabupaten Bengkulu Tengah. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 47–65. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.14

Yusnan, M., Risman Iye, K., & Riki Bugis Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Buton YIPQ Sekolah Tinggi Agama Islam Baubau, H. (2020). Alih kode dan campur kode pada novel badai matahari andalusia karya Hary El-Parsia (Transfer code and mix code in Novels Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia). Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 1(1), 1–12

Downloads

Published

2025-11-11