IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SIBULUE KABUPATEN BONE

penelitian sekolah

Authors

  • Fatmawati Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Asdar Universitas Muhammadiyah Bone
  • Idris Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35060

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, yang memerlukan pemahaman mendalam terhadap penerapan kurikulum baru yang tekanan pembelajarannya terfokus pada siswa. Kurikulum Merdeka bertujuan menciptakan pelajar Pancasila yang mandiri, kreatif, dan berakhlak mulia, namun tantangan seperti kesiapan guru dan pemanfaatan teknologi masih menjadi tantangan. Penelitian ini penting untuk menganalisis bagaimana kurikulum ini diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang berperan penting dalam pengembangan kompetensi komunikasi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, termasuk tahapan-tahapan yang dilakukan oleh guru di sekolah tersebut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru Bahasa Indonesia kelas VII dan VIII. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah diterapkan dengan baik melalui tiga tahapan utama: asesmen diagnostik, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran. Guru menggunakan modul terbuka sebagai acuan utama, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran berpusat pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator, mendorong keterlibatan aktif siswa melalui diskusi, proyek, dan presentasi. Namun tantangan yang muncul dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran dan kesalahpahaman siswa terhadap konsep “merdeka”, yang menyebabkan perilaku siswa kurang teratur. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka, sebagai referensi bagi pendidik dan institusi pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

All Habsy, B. dkk. 2023. Menelaah Profil Pelajar Pancasila dan Perwujudannya dalam Pendidikan yang Berpihak pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Amini, Damanik, K., & Bahri, S. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Fitra Dian. 2023. Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2).

Haneifa, R. 2022. Implementasi Model Penilaian HOTS Pada Penilaian Keterampilan Berbahasa Arab. Journal of Arabic Education & Arabic Studies, 1(1).

Kepmendikbudristek. 2022. Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Purwanto, A. T. 2024. Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1).

Rahmah, T., dkk. 2024. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Dengan Kurikulum Merdeka. Journal of Educational and Language Research, 3(6).

Sadli, M., & Saadati, B. A. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2).

Saifullah, S., Ilyas, M., & Putra, M. 2023. Tripusat Pendidikan: Mutu Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3).

Salabi, A. S. 2020. Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1).

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. 2022. Jurnal Cakrawala Pendas Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2).

Supriyani, dkk. 2023. Kurikulum Dan Perencanaan Pembelajaran. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1).

Tuasikal, A. R. S., Ridwan, M., & Rohman, M. F. 2023. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Downloads

Published

2025-11-11