INTEGRASI PEMBELAJARAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN DEEP LEARNING BERBASIS CERITA RAKYAT BONE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGO
Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bengo
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36468Keywords:
pembelajaran mendalam, budaya bone, keterampilan berbicaraAbstract
Studi kualitatif ini meneliti tantangan yang dihadapi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bengo dalam mengembangkan keterampilan berbicara, khususnya dalam konteks pengajaran bahasa tradisional yang sering kurang menarik dan relevan secara budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendekatan deep learning berbasis cerita rakyat Bone guna meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa, mendorong pemahaman yang lebih mendalam dan partisipasi aktif. Menggunakan metodologi studi kasus, penelitian melibatkan 30 peserta yang dipilih melalui sampling purposif, dengan memanfaatkan wawancara semi-terstruktur, observasi kelas, dan jurnal reflektif untuk mengumpulkan data selama enam bulan. Analisis tematik diterapkan untuk mengidentifikasi pola dalam pengalaman siswa, mengungkap tema seperti peningkatan motivasi melalui narasi budaya dan peningkatan kefasihan dalam bercerita. Temuan menunjukkan bahwa integrasi deep learning dengan cerita rakyat Bone secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas siswa dalam berbicara, dengan peserta menunjukkan keterampilan narasi dan kesadaran budaya yang lebih baik. Hasil ini menyarankan bahwa strategi deep learning yang tertanam budaya dapat secara efektif mengatasi kesenjangan keterampilan berbicara di lingkungan sekolah menengah pertama, mempromosikan pendidikan bahasa yang lebih imersif dan bermakna.
Downloads
References
Alavi, S. B., Leidner, D. E., & Leidner, D. E. (2021). Deep learning in education: A review of applications and challenges. Computers & Education, 165, 104132.
Chen, Y., & Liu, X. (2022). Integrating cultural narratives into language learning: A case study of folk tales in Indonesian classrooms. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 25(4), 1123-1138.
Darmawan, A., & Sari, N. P. (2023). Motivating rural students through local folklore: Deep learning approaches in junior high school speaking skills. Journal of Educational Research and Practice, 13(2), 45-62.
Goh, D., & Wong, L. H. (2020). Deep learning for differentiated instruction in multicultural classrooms. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1457-1475.
Hidayat, R., & Putra, I. D. (2024). The role of indigenous stories in enhancing oral communication skills: Evidence from Indonesian secondary schools. Language Teaching Research, 28(1), 89-107.
Kim, J., & Park, S. (2021). Qualitative insights into deep learning pedagogy for language education. Qualitative Inquiry, 27(5), 678-692.
Lestari, P., & Wijaya, T. T. (2022). Cultural integration in Indonesian language curriculum: Deep learning with folk tales for junior high students. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 50(3), 234-251.
Nguyen, T. T., & Tran, Q. T. (2023). Overcoming speaking difficulties in rural schools: A thematic analysis of deep learning interventions. Teaching and Teacher Education, 132, 104215.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















