Haifaturrahmah s.pd PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPANDU DI SEKOLAH DASAR

Analisis Efektivitas Model Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Authors

  • Armi delvia oktaviani Universitas Muhamadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Yuni mariyati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35496

Keywords:

Kata Kunci 1, Kata Kunci 2, Kata Kunci 3 .Pembelajaran tematik terpandu ,Mengambarkan focus utama penelitian model yang digunakan, Sekolah dasar menunjukan konteks penelitian Tingkat Pendidikan .Hasil belajar menunjukan variable atau hasil yang diamati dalam penerapan model

Abstract

Artikel ini mengkaji penerapan model pembelajaran tematik terpadu di tingkat
sekolah dasar, dengan merujuk pada pemberitaan terkini dari internet terkait
implementasi Kurikulum Merdeka. Pembelajaran tematik terpadu adalah suatu
metode yang mengintegrasikan beragam mata pelajaran ke dalam satu tema
sentral yang relevan dengan pengalaman sehari-hari peserta didik, sehingga
menjadikan proses belajar lebih bermakna dan terkait dengan konteks. Dengan
mengadopsi model ini, peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi
juga diasah keterampilan berpikir kritis, kemampuan bekerja sama, dan daya cipta.
Artikel ini menampilkan contoh implementasi tematik terpadu yang diambil dari
sebuah artikel berita pendidikan, yang kemudian dilampirkan untuk tujuan analisis,
terutama mengenai kekeliruan ejaan sesuai pedoman Ejaan Bahasa Indonesia
(EBI). Evaluasi yang dilakukan mengindikasikan bahwa penerapan model
pembelajaran tematik terpadu berpotensi meningkatkan antusiasme belajar peserta
didik, walaupun tetap terdapat tantangan terkait keseragaman penggunaan ejaan
dalam materi berita yang digunakan sebagai rujukan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Haifaturrahmah, Universitas Muhammadiyah Mataram

Nama Penulis ke dua (Haifaturrahmah) adalah dosen pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, [Nama Universitas]. Beliau memiliki jabatan fungsional sebagai Lektor dan aktif melakukan penelitian di bidang pendidikan dasar, strategi pembelajaran, serta pengembangan kurikulum tematik.

References

1.Trianto. (2011). Desain

pembelajaran tematik terpadu:

Konsep, strategi, dan

implementasinya di sekolah dasar.

Jakarta: Bumi Aksara.

2.Majid, A. (2014). Pembelajaran

tematik terpadu. Bandung: Remaja

Rosdakarya 3.Mulyasa, E. (2013).

Pengembangan dan implementasi

Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

4.Kemendikbud. (2013). Kurikulum

2013 untuk sekolah dasar:

Kompetensi inti dan kompetensi dasar

SD/MI. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia.

5.Fogarty, R. (1991). The mindful

school: How to integrate the curricula.

Palatine, IL: IRI/Skylight Publishing.

6.Miles, M. B., & Huberman, A. M.

(1994). Qualitative data analysis: An

expanded sourcebook (2nd ed.).

Thousand Oaks, CA: Sage

Publications.

7.Yuliani, N., & Handayani, D. (2020).

Penerapan model pembelajaran

tematik terpadu dalam meningkatkan

hasil belajar siswa sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara,

6(2), 87–95.

https://doi.org/10.30659/jpdn.6.2.87-

95

Downloads

Published

2025-11-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>