Haifaturrahmah s.pd PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPANDU DI SEKOLAH DASAR
Analisis Efektivitas Model Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35496Keywords:
Kata Kunci 1, Kata Kunci 2, Kata Kunci 3 .Pembelajaran tematik terpandu ,Mengambarkan focus utama penelitian model yang digunakan, Sekolah dasar menunjukan konteks penelitian Tingkat Pendidikan .Hasil belajar menunjukan variable atau hasil yang diamati dalam penerapan modelAbstract
Artikel ini mengkaji penerapan model pembelajaran tematik terpadu di tingkat
sekolah dasar, dengan merujuk pada pemberitaan terkini dari internet terkait
implementasi Kurikulum Merdeka. Pembelajaran tematik terpadu adalah suatu
metode yang mengintegrasikan beragam mata pelajaran ke dalam satu tema
sentral yang relevan dengan pengalaman sehari-hari peserta didik, sehingga
menjadikan proses belajar lebih bermakna dan terkait dengan konteks. Dengan
mengadopsi model ini, peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi
juga diasah keterampilan berpikir kritis, kemampuan bekerja sama, dan daya cipta.
Artikel ini menampilkan contoh implementasi tematik terpadu yang diambil dari
sebuah artikel berita pendidikan, yang kemudian dilampirkan untuk tujuan analisis,
terutama mengenai kekeliruan ejaan sesuai pedoman Ejaan Bahasa Indonesia
(EBI). Evaluasi yang dilakukan mengindikasikan bahwa penerapan model
pembelajaran tematik terpadu berpotensi meningkatkan antusiasme belajar peserta
didik, walaupun tetap terdapat tantangan terkait keseragaman penggunaan ejaan
dalam materi berita yang digunakan sebagai rujukan
Downloads
References
1.Trianto. (2011). Desain
pembelajaran tematik terpadu:
Konsep, strategi, dan
implementasinya di sekolah dasar.
Jakarta: Bumi Aksara.
2.Majid, A. (2014). Pembelajaran
tematik terpadu. Bandung: Remaja
Rosdakarya 3.Mulyasa, E. (2013).
Pengembangan dan implementasi
Kurikulum 2013. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
4.Kemendikbud. (2013). Kurikulum
2013 untuk sekolah dasar:
Kompetensi inti dan kompetensi dasar
SD/MI. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia.
5.Fogarty, R. (1991). The mindful
school: How to integrate the curricula.
Palatine, IL: IRI/Skylight Publishing.
6.Miles, M. B., & Huberman, A. M.
(1994). Qualitative data analysis: An
expanded sourcebook (2nd ed.).
Thousand Oaks, CA: Sage
Publications.
7.Yuliani, N., & Handayani, D. (2020).
Penerapan model pembelajaran
tematik terpadu dalam meningkatkan
hasil belajar siswa sekolah dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara,
6(2), 87–95.
https://doi.org/10.30659/jpdn.6.2.87-
95
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















