PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN NUMERACY FISHING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA FASE A SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nayada Septin Miraza Universitas Riau
  • Muhammad Fendrik Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35521

Keywords:

Numeracy Fishing, Etnomatematika, Kemampuan Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap media pembelajaran Numeracy Fishing berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa fase A sekolah dasar pada materi operasi hitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eksperiment yang memiliki 2 subjek, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan numerasi yang terdiri dari pretest dan posttest Hasil pengolahan dan interpretasi data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Numeracy Fishing berbasis etnomatematika terhadap peningkatan numerasi siswa, yang dibuktikan dari perbandingan nilai minimum, maksimum, dan rata-rata pada pretest lebih rendah dibandingkan posttest. Hal ini juga terbukti dari uji Independent Samples Test dengan sig (2-tailed) <0,001 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian nilai N-Gain memiliki nilai sebesar 0,4151 yang menunjukkan peningkatan numerasi siswa berkategori sedang. Dengan demikian, penerapan media Numeracy Fishing berbasis etnomatematika cukup efektif untk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa fase A sekolah dasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, Ninik Uswatun. 2019. Media Pembelajaran. Kemenag, 1000, 1-6.

Fendrik, M., Marsigit, M., & Wangı̇d, M. N. 2020. “Analysis of Riau traditional game-based ethnomathematics in developing mathematical connection skills of elementary school students.” Ilkogretim Online, 19(3), 1605-1618.

Fendrik, M. 2021. “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Matematis.” Jurnal Numeracy 8 (2): 102–12.

Hudoyo, Herman. 2003. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Pendekatan Visual Thinking Pada Materi Pokok Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo.” Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika, 123.

Putra, Zetra Hainul, Neni Hermita, and Jesi Alexander Alim. 2021. “Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, Dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10 (3): 345–56. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.667.

Downloads

Published

2025-11-13

Most read articles by the same author(s)