STRATEGI PARTISIPATIF KELOMPOK MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN INOVASI PENDIDIKAN BERBASIS LOKAL BAGI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35625Keywords:
Strategi partisipatif, kelompok masyarakat, inovasi pendidikan, kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi partisipatif kelompok masyarakat dalam mewujudkan inovasi pendidikan berbasis lokal. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, kajian ini menelaah peran aktif masyarakat dalam mendukung pendidikan yang relevan dengan nilai budaya dan potensi daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan karakter, serta pelestarian kearifan lokal. Strategi partisipatif juga memperkuat rasa kepemilikan dan tanggung jawab sosial masyarakat terhadap keberhasilan pendidikan. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, rendahnya kesadaran pendidikan, dan kurangnya kolaborasi lintas sektor. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan kolaboratif yang adaptif dan kontekstual agar inovasi pendidikan berbasis lokal dapat berkembang secara berkelanjutan dan berdampak nyata bagi pembangunan daerah.
Downloads
References
Arifannisa. 2025. “Manajemen Pendidikan Berbasis Komunitas : Peran Kearifan Lokal , Partisipasi Masyarakat , Dan Kepemimpinan Sosial Dalam Meningkatkan Akses Dan Mutu Pendidikan Di Wilayah Tertinggal.” Jurnal PengabdianMasyarakat 4(4): 1546–58.
Azzulfa, Firyaal Hasna, and Nursiwi Nugraheni. 2024. “PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SGDS 4.” Cendekia Pendidikan 9(5): 50–54. doi:10.9644/sindoro.v3i9.252.
Bustanul Arifin, Arif Dermawan, and Irsan Habsyi. 2022. “PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN (Kajian Pada Sekolah Menengah: SMPN 1 Malang, SMPN 10 Malang, SMP Plus Al Kautsar).” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 2(2): 163–77. doi:10.55606/khatulistiwa.v2i2.642.
Devisiana, Leiria Meisyani, Dinus Magay, and Riniwati. 2024. “Peran Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 2(2): 103–12. doi:10.46445/nccet.v2i2.962.
Hijrah, Irsa Fitrianur, and Syarifah Nur Aini. 2023. “Peran Dan Kedudukan Masyarakat Sebagai Landasan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Sosiologi.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(3): 915–23. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2206.
Ikhsan, M. alifian ferdi, and Tutuk Ningsih. 2024. “Strategi Menanamkan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik SMA N 2 Purwokerto.” Merdeka Indonesia Journal International (MIJI) 4(2): 1–23.
Jelita, Stati, Miswati, Aneka Trisma, Andri Andi, Suginem, and Jendriadi. 2025. “Strategi Inovatif Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9(1): 5091–99.
Jurumiah, Abdul Hakim, and Husen Saruji. 2020. “Sekolah Sebagai Instrumen Konstruksi Sosial Di Masyarakat.” Jurnal Istiqra 7(2): 899–918. doi:10.19109/pairf.v5i4.20189.
Kayupa, Olvit Olniwati, Feliks Guampe, Join Hengkeng, and Mikhael Jibrael Balo. 2025. “Tantangan Dan Peluang Implementasi Perencanaan Pembangunan Partisipatif Desa-Desa Di Indonesia.” Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi 6(1): 187–99. doi:10.35912/simo.v6i1.3483.
Khoiiri, Moch. Yaziidul, Nadhifatul Aulia Budiono, and Lutfiyatul Hamidah. 2023. “PERANAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN.” Cermin jurnal manajemen dan pendidikan berbasis islam nusantara 2(2): 27–33. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/2/12.
Mokodompit, M, A Abubakar, I Bagea, and ... 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Pendidikan: Eksplorasi Pada Kebijakan, Partisipasi Masyarakat, Dan Tantangan Sosial Ekonomi.” Jurnal Kepemimpinan, Manajemen dan Kebijakan dalam Pendidikan 2(2): 114–24. doi:10.51454/jlmpedu.v2i2.1004.
Muchtar, Azizul, and Tutuk Ningsih. 2022. “Peran Masyarakat Desa Kalisabuk Dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan Islam.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(3): 470–76. doi:10.47709/educendikia.v2i3.1885.
Putra, Kurniawan Syah. 2023. “PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MENJAGA TRADISI DI ERA DIGITAL.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman EmaiL: 12(2): 34–50. https://www.academia.edu/download/90222395/5445.pdf.
Qomarrullah, Rif’iy, Fredrik Sokoy, Suratni, and Milcha Tammubua. 2024. “The Role of Indigenous Communities in the Development of Socially-Based Environmental Education.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 4(2): 1–11.
Ripki, Ahmad Jauhari Hamid, and Arifannisa. 2025. “Peran Manajemen Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Globalisasi.” Journal on Education 07(02): 9258–66. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/7867.
Rusydi, and Munawar. 2022. “Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan (Analisis Undang-Undang No 20 Tahun 2003).” Prosiding Seminar Nasional Universitas Bina Bangsa Getsempena 2. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm.
Sani Susanti, Maya Anggelina, and Nazwa Azzahra. 2025. “Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Belajar Untuk Mengikuti Kegiatan Belajar Di Sikkola Rakyat.” Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra 3(3): 61–76. doi:10.61132/bima.v3i3.2051.
Sihaloho, Wardani, Maysarah Rabiul Aulia, Ashabul Maimanah, Annisa Hadisti Rahayu, Mastianur Daulay, and Zulham Efendi. 2023. “Pendidikan Dan Masyarakat.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5(3): 898–905. doi:10.47467/jdi.v5i3.4368.
Umiyah, Inarotul, and Tutuk Ningsih. 2024. “Penanaman Nilai Karakter Berbasis Seni Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Ips Di Mi Ma’Arif 01 Gentasari.” Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 5(1): 133–43. doi:10.46368/bjpd.v5i1.2002.
Viola, Mayshel Adinda, Friska Aqilah Vilanti, Indah Afidah Rahman, Masita, and Bradley Setiyadi. 2024. “Analisis Kurikulum Berbasis Masyarakat: Memanfaatkan Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Yang Kontekstual.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 12(1): 112–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















