PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DENGAN BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 PARINDU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35850Keywords:
LKPD berbasis HOTS, Canva, Kemampuan Berpikir Kritis, AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan berbantuan aplikasi Canva pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Parindu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parindu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan “sangat valid” dengan persentase kevalidan media sebesar 87,03% dan kevalidan materi sebesar 85,66%. Tingkat kepraktisan berada pada kategori “sangat praktis” dengan hasil angket respon guru sebesar 92,94% dan respon siswa sebesar 89,01%. Tingkat keefektifan produk berada pada kategori “efektif berdasarkan nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah, sehingga diperoleh persentase keefektifan sebesar 76,92%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS berbantuan Canva layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Afrianti, V., Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah Hots Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurmadikta, 4(2), 88–100.
Anjelina, P. N. M., Purwasi, L. A., & Krisnawati, Y. (2024). Pengembangan LKPD Matematika Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Kearifan Lokal Kota Lubuklinggau pada Kelas V Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 314–324.
Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.
Dewi, T. M., & Meilina, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HigherOrder Thinking Skill (HOTS) Terintegrasi Web Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar(5), 1368–1378.
Fikri Sulaiman Solin, M. F. S. S., & Malasari Siregar, T. M. S. (2024). Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Dengan Menggunakan Android Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X Sma. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 227–242.
Hamzah. (2020). Metodologi Penelitian & Pengembangan Research & Development,. Malang : Literasi Nusantara Abadi
Kholid, I. (2024). Karakteristik Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 268–279.
Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama
Putri, S. A., Usman, A., & Slamet, I. P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Panji. Jurnal Biologi, 1(3), 1–14.
Said, F. F., Susanto, A., & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–98.
Sitorus, F. D., Hasratuddin, H., & Azhar, E. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Melalui CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Peserta Didik.: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, (4), 3695–3701.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit : Alfabeta bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















