PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA LONTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING KELAS IV SD INPRES PERUMPUTAN KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • St Pahraeni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36029

Keywords:

Membaca, Aksara Lontara, Cooperative Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Lontara melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning pada siswa kelas IV SD Inpres Perumputan Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas dua siklus, di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan satu kali tes evaluasi. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Perumputan Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa memperoleh nilai tertinggi 85, nilai terendah 65, dengan rata-rata 74,50 dan ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II nilai tertinggi meningkat menjadi 95, nilai terendah 75, dengan rata-rata 84,75 dan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Lontara siswa kelas IV SD Inpres Perumputan Kabupaten Bantaeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2017). Aksara Lontara Bugis-Makassar: Kajian Linguistik Historis dan Budaya. Makassar: Pustaka Refleksi.

Aqib, Z. (2013). Penelitian tindakan kelas untuk guru sekolah dasar dan menengah. Bandung: Yrama Widya.

Basri, R. K., & Sukmawan, S. (2024). Menemu Jati Diri, Mengampu Nilai: Tafsir Antologi Cerita Rakyat Daera h Wajo Sulawesi Selatan. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar: Garis-garis Besar Program Pengajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Fuadi, A. (2020). Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya: Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Yogyakarta: Deepublish.

Kembong, D. (2020). Bahasa Daerah sebagai Identitas dan Media Pembentukan Karakter Bangsa. Makassar: Universitas Negeri Makassar Press.

Mattulada. (1995). Latoa: Suatu Lukisan Analitis terhadap Antropologi Politik Orang Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.

Downloads

Published

2025-11-16

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>