PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUCANDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMPN 1 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36135Keywords:
Media Interaktif, Educandy, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media interaktif berbasis Educandy pada mata pelajaran yang diberikan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa pada tahap pra siklus, dengan nilai rata-rata sebesar 59,7 dan tingkat ketuntasan hanya mencapai 15,79%. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada Siklus I, penggunaan media Educandy mulai menunjukkan dampak positif dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa menjadi 77,1 dan ketuntasan mencapai 60,53%. Media ini memberikan suasana pembelajaran yang lebih menarik melalui berbagai bentuk permainan seperti matching game, multiple choice, dan anagram, sehingga mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Perbaikan pada Siklus II menunjukkan hasil yang lebih optimal, di mana rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 88,16 dengan tingkat ketuntasan 100%. Hasil ini menunjukkan bahwa media Educandy mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan melalui pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, serta memberikan umpan balik langsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media interaktif berbasis Educandy efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa guru perlu memanfaatkan media digital inovatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Downloads
References
Abd Rahman, B. P., S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Y. Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.
Agustin, Nella. 2021. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.
Ariyani, Riska, Syarifuddin Cn Sida, and Akram. 2024. “Penggunaan Media Educandy Based E-Learning Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Muhammadiyah Benteng.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10(2):317–31. doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2839.
Audina, Mia, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2025. “Pengaruh Model Game Based Learning Berbantuan Educandy Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 8(3):457–67. doi: https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4588.
Azmi, Burniati, Rhini Fatmasari, and Henny Jacobs. 2024. “Motivasi, Disiplin, Lingkungan Sekolah: Kunci Prestasi Belajar.” Aulad: Journal on Early Childhood 7(2):323–33. doi: https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.654.
Fatayan, Arum, Abd Rahman A. Ghani, Meilinda Ekawati, Esi Dewi Wulandari, Berliana Salsabila, and Innayah Rahma Safira. 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Educandy Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 5(1):386–96. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.17478.
Kurniawan, Afdal, Afrilia Feronika, Tasha Wulandari Liandri, Tiara Indrajava Puspita, Tiara Novianti, Tika Sagita, Reinita Reinita, and Salmaini Salmaini. 2025. “Game-Based Learning with Educandy to Improve Indonesian Language Learning Outcomes of Grade V Elementary School Students.” TOFEDU: The Future of Education Journal 4(6):1598–1603. doi: https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i6.648.
Mustamin, Mustamin, and Abdul Wahab. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Citra Mulia Makassar.” Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam 1(2):61–74. doi: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.426.
Nurbaya, Nurbaya, Andi Paida, and Ratnawati Ratnawati. 2025. “Educandy-Based Media Improves Activeness and Reading Comprehension in Grade V Students: Media Berbasis Educandy Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas V.” Indonesian Journal of Innovation Studies 26(4):1–14. doi: https://doi.org/10.21070/ijins.v26i4.1623.
Sihaloho, Wardani, Risa Ummah Pratiwi, Intan Puspita Sari, Irma Qurata Aini, Zahra Yunita, and Tiara Winanda. 2023. “Perkembangan Konsep Pendidikan Dan Klasifikasi Pendidikan.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5(3):754–62. doi: https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4169.
Sopiani, Meli, and Wirdati Wirdati. 2021. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Atas.” An-Nuha 1(4):598–608.
Surani, Surani, Annisa Saputri, and Mustamin Mustamin. 2022. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara.” Education And Learning Journal 3(1):45–52. doi: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v3i1.139.
Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2019. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16(1):81–100. doi: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i1.3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















