STRATEGI PENGUATAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA MENUJU PROGRAM STUDI UNGGUL: STUDI KASUS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36201Keywords:
Literasi Digital, Outcome Based Education, Program Sekolah Unggul, Strategi pembelajaranAbstract
Transformasi digital saat ini menunjukkan adanya kesenjangan antara penggunaan teknologi digital untuk tujuan sosial dan akademik di kalangan mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan merumuskan strategi penguatan literasi digital mahasiswa dalam upaya mewujudkan program studi unggul . Penelitian ini menganalisis strategi penguatan literasi digital pada perguruan tinggi, dalam hal ini dilakukan di Program studi pendidikan biologi universitas Ahmad Dahlan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa program studi pendidikan biologi UAD telah mengintegrasikan e-learninng dan google classroom dalam kegiatan perkuliahan. Penguatan literasi digital dilakukan dengan strategi perencanaan, implementasi dan evaluasi. Seluruh kegiatan perkuliahan berbeasis digital direncanakan dengan matang bersama seluruh dosen dan tenaga kependidikan. Implementasi kegiatan perkuliahan dengan menggunakan basis digital dilakukan secara komprehensif, mulai dari perkuliahan teoritis bersama dosen sampai dengan praktik berbasis digital seperti praktikum inovasi pembelajaran, praktikum teknologi pembelajaran. Adapun seluruh penliaian dan administrasi telah terintegrasi dalam sistem digital melalui sistem outcome based education(OBE). Evaluasi pembelajaran berbasis digital dilakukan melalui sistem berbasis daring. Kendala utama dari penguatan literasi digital ini adalah perbedaan kemampuan beradaptasi mahasiswa terhadap teknologi yang menciptakan kesenjangan digital. Strategi dalam mengatasi masalah tersebut diantaranya pendampingan intensif, pembelajaran sebaya, dan dukungan kerja dari mahasiswa lainnya. Program studi pendidikan biologi belum diselenggaran kurikulum literasi digital namun telah mengintegrasikan literasi digital dalam perkuliahan dan praktikumnya. Sebagai solusi, program studi merumuskan rencana pengembangan sistem pembelajaran berbasis digital.
Downloads
References
Amimah, Siti Nurul, Diah Ayu Lestari, and Much Fuad Saifuddin. 2023. “Proceeding SYMBION.” Pp. 425–33 in Symposium on Biology Education. Vol. 5726.
Ayumsari, Ratri. 2022. “Peran Dokumentasi Informasi Terhadap Keberlangsungan Kegiatan Organisasi Mahasiswa.” Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 6(1):63–78. doi: 10.30742/tb.v6i1.2044.
Bawden, David. 2008. “Origins and Concepts of Digital Literacy.” Pp. 17–32 in Digital literacies: Concepts, policies and practices.
BR, Wahyudi, et al. 2025. “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Digital Dosen Untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 6(1):207–11. doi: 10.31004/cdj.v6i1.41457.
Dewi, Citra Ayu, et al. 2022. “The Impact of Google Classroom to Increase Students’ Information Literacy.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11(2):1005–14. doi: 10.11591/ijere.v11i2.22237.
Dinata, Karsoni Berta. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19(1):105–19. doi: https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499.
Ferrari, Anusca, Barbara; Neza Brecko, and Yves Punie. 2014. “DIGCOMP : A Framework for Developing And.” Elearning Papers 38(May):1–15.
Fisseler, Bjö. 2024. “Digital Accessibility Literacy A Conceptual Framework for Training on Digital Accessibility.” Teaching Accessibility in Different Disciplines.
Getenet, Seyum, Robert Cantle, Petrea Redmond, and Peter Albion. 2024. “Students’ Digital Technology Attitude, Literacy and Self-Efficacy and Their Effect on Online Learning Engagement.” International Journal of Educational Technology in Higher Education 21(3):1–20. doi: 10.1186/s41239-023-00437-y.
Gibson, P. F., & Smith, S. 2018. “Digital Literacies: Preparing Pupils and Students for Their Information Journey in the Twenty‑first Century.” Information and Learning Science 119(12):733–42.
Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York: John Wiley.
Ginanjar, A., N. A. Putri, A. S. Nisa, F. Hermanto, and A. B. Mewangi. 2019. “Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Ips Di Smp Al-Azhar 29 Semarang.” Harmony 4(2):99–105.
Hisyam, Ciek Julyati, Mayang Puti Seruni, Alya Alifah Nuraini, and Fahria Izzatul. 2025. “Pornografi Sebagai Penyimpangan Pada Mahasiswa Di Era Digital.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 02(11):600–608.
Jeka, Firdaus, Samsu, Tuti Indriyani, and Asrulla. 2024. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.” Journal Genta Mulia 15(1):189–97.
JISC. 2014. “Developing Digital Literacies. Joint Information Systems Committee.”
Kemendikbud. 2017. “Materi Pendukung Literasi Digital.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2021. “Peta Jalan Transformasi Digital Di Bidang Pendidikan.” Pusat Data Dab Teknologi Informasi(Pusdatin) Kemendikbud. Retrieved July 25, 2025 (https://repositori.kemdikbud.go.id/28856/).
Kemendikbudristek, BSKP. 2022. “Kajian Literasi Digtial Dam Konteks Pendidikan Indonesia.” Kemenbudristek.
Komala Dewi, Ratih, et al. 2024. “Implications and Impact of Digital Literacy on Higher Education: Systematic Literature Review.” Eduvest - Journal of Universal Studies 4(6):5300–5312. doi: 10.59188/eduvest.v4i6.1410.
Kominfo. 2021. “Survei Indeks Literasi Digital Nasional 2021. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.” Kominfo. Retrieved July 22, 2025 (https://literasidigital.id/assets/pdf/SurveiIndeksLiterasiDigital_2021.pdf).
Kusumawardani, Sri Suning, et al. 2024. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Livingstone, S. 2018. “Media Literacy – Everyone’s Favourite Solution to the Problems of Regulation.” LSE. Retrieved (https://blogs.lse.ac.uk/medialse/2018/05/08/media-literacy-everyones-favourite-solution-to-the-problems-of-regulation/).
Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldaña. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd Ed.). CA: SAGE Publications.
Mishra, P., and M. J. Koehler. 2017. “Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge.” Teachers College Record, 108(6):1017–54.
Muali, Chusnul, and Lilis Karlina. 2025. “The Effect of Microlearning Integration in Digital Platforms on Student Engagement: An Experimental Study in Higher Education.” Journal of Education Technology 9(1):21–30.
Pan, Qianqian, et al. 2025. Measuring Digital Literacy across Ages and over Time: Development and Validation of a Performance-Based Assessment. Springer US.
Pratiwi, N., and N. Pritanova. 2017. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja.” Jurnal Semantik 6(1):11–24.
Saputra, Putu Wisnu, and I. Gede Dharman Gunawan. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Masa Covid‑19.” Pp. 86–95 in prosiding Seminar Nasional IAIN Tampung Penyang Palangka Raya.
Sugiyono, and Apri Nuryanto. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan).” 908.
Suryansyah, Mufti Dwi, and Siti Ma’rifatul Hasanah. 2024. “Strategi Penguatan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mtsn 2 Kabupaten Kediri.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(2):260–70. doi: 10.18860/uajmpi.v2i2.2817.
UNESCO. 2018. UNESCO ICT Competency Framework for Teachers – Knowledge Creation Level. Dalam UNESCO ICT‑CFT. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: MA: Harvard University Press.
Wahyudin, Dinn, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, Maisura et al. 2024. Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Warschauer, Mark. 2004. Technology and Social Inclusion: Rethinking the Digital Divide. Cambridge: MA: MIT Press.
Yusril, Muh, Ahmad Fauzi Yusri, Universitas Islam Negeri, and Alauddin Makassar. 2023. “Konsep Perencanaan Strategis Di Lembaga Pendidikan.” Journal of Management Education 2(2):205–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















