SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN DI DUNIA ISLAM “Pendidikan Islam Kontemporer Globalisasi Modernisasi dan Tantangan Sosial”

Authors

  • Najmi nurafifah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Mindani Mindani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Azizah Aryati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Silvi Yulia Tantri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36282

Keywords:

Pendidikan Islam; Globalisasi; Moadernisasi; Tantangan Sosial.

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai wahyu serta tradisi keilmuan Islam yang terus berkembang seiring perubahan zaman. Di era globalisasi dan modernisasi, pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan yang kompleks, seperti derasnya arus informasi, penetrasi budaya Barat, meningkatnya individualisme, serta melemahnya moralitas sosial. Meskipun globalisasi memberikan kemudahan akses ilmu pengetahuan, ia juga berpotensi menggeser nilai-nilai spiritual masyarakat Muslim. Modernisasi, di sisi lain, menuntut pendidikan Islam untuk tampil lebih inovatif, rasional, dan relevan dengan tuntutan kehidupan kontemporer. Kondisi ini menimbulkan kebutuhan mendesak akan rekonstruksi pendidikan Islam yang mampu memperkuat identitas keislaman sekaligus meningkatkan daya saing global. Pendidikan Islam kontemporer dipahami sebagai model pendidikan yang berusaha mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan kebutuhan masyarakat mutakhir. Pemikiran tokoh-tokoh seperti Hasan Langgulung, Al-Ghazali, serta Mohammad Hamid An-Nasyir menegaskan pentingnya integrasi antara kekuatan spiritual dan kecerdasan intelektual dalam pembentukan generasi yang berakhlak mulia. Tulisan ini bertujuan mengkaji konsep, landasan, serta implementasi pendidikan Islam kontemporer dalam merespons dinamika globalisasi dan modernisasi, sekaligus menawarkan perspektif pengembangan pendidikan Islam yang relevan, holistik, dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Anaya, L. S., Fakhirah, F., & Farhana, Q. (2021). Peranan manajemen pendidikan Islam dalam era pendidikan kontemporer. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1365–1373.

Asmuri, A., Hidayati, O., & Fitri, A. (2025). Kebijakan Pendidikan Islam di Madrasah. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 32–42.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Prenada Media.

Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49–60.

Fahrieyah, L. (2024). Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(2), 95–103.

Ferdino, M. F., & Handayani, T. (2024). Peran pendekatan sosial pada pendidikan islam sebagai solusi dalam menghadapi tantangan perubahan zaman. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 129–138.

Fiandi, A., & Ilmi, D. (2022). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Kontemporer. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 206–218.

Hambali, M., & Mu’alimin, M. P. I. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. IRCiSoD.

Indra, H. H. (2016). Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi. Deepublish.

Irawan, H. (2024). Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif Dan Evaluasi Dalam Konteks Pendidikan Umum. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 42–54.

Juariah, S. (2023). Paradigma pendidikan Islam dan pengembangan sumber daya insani dalam membentuk etika dan karakter dalam masyarakat Islam. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 65–71.

Kholifah, A. (2022). Strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.

Kurniawan, D. A. (2023). Modernisasi sistem pendidikan Islam di Indonesia: Dari awal abad ke-20 hingga periode kontemporer. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 24–38.

Masrifah, R., Usman, S., & Ondeng, S. (2024). Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dan Modernisasi. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 2(1), 31–41.

Mudzakkir, A., Naro, W., & Yahdi, M. (2024). Sejarah pendidikan Islam: Karakter pendidikan Islam klasik & modern. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(3), 176–186.

Novrandianti, N., Firdaus, E., & Anwar, S. (2024). Pendidikan Islam Di Indonesia: Dari Awal Penyebaran Islam Hingga Era Reformasi Pendidikan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 14(2), 279–294.

Pratama, Y. A. (2019). Integrasi pendidikan madrasah dalam sistem pendidikan nasional (Studi kebijakan pendidikan madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112.

Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.

Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di indonesia. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–14.

Rambe, R. H., Simatupang, A. Y., & Nasution, A. (2024). Perkembangan Pendidikan Islam di Nusantara: Dari Pengajian hingga Era Kontemporer. Rayah Al-Islam, 8(4), 2370–2385.

Ruqoiyah, R. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Saputra, F. (2021). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam di Indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 98–108.

Setiawan, A. H., & Sagara, R. (2024). Sejarah Masuknya Islam di Indonesia. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, 4(3), 398–408.

Suprayitno, M. A., & Moefad, A. M. (2024). Peran Pendidikan Islam Terintegrasi dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Generasi Muda Muslim di Era Globalisasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1763–1770.

Syahminan, S. (2014). Modernisasi Sistem Pendidikan Islam di Indonesia pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 235–260.

Ula, K. I., & Rohman, T. (2024). Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif di Lembaga Pendidikan Islam. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1628–1637.

Wiguna, A. (2015). Isu-isu kontemporer pendidikan Islam. Deepublish.

Downloads

Published

2025-12-12