A EKSPLORASI GAYA MENGAJAR GURU GEN Z DALAM MENGEMBANGKAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS RENDAH

Authors

  • Siti nabila Universitas Nusa Putra
  • Barkah Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36361

Keywords:

Gaya mengajar, Guru Generasi Z, Kemampuan membaca permulaan, Media digital, Pembelajaran literasi awal, Penelitian kualitatif, Pembelajaran sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi gaya mengajar guru Generasi Z dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Rendahnya pencapaian literasi di Indonesia, sebagaimana ditunjukkan dalam asesmen nasional dan studi internasional, menegaskan perlunya pendekatan pembelajaran yang inovatif, khususnya dalam pengajaran membaca tingkat pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana seorang guru Gen Z menerapkan gaya mengajarnya dalam memfasilitasi permulaan membaca dan untuk mengidentifikasi tantangan yang muncul selama proses pembelajaran. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan di SDN 2 Mangkalaya dengan satu guru kelas I sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Gen Z menerapkan gaya mengajar yang kreatif, interaktif, dan adaptif dengan mengintegrasikan media digital—seperti Smart TV, flashcard digital, dan video edukatif—bersama metode konvensional seperti kartu huruf, lagu fonik, membaca kelompok, dan permainan kata. Guru membangun suasana kelas yang suportif dan menyenangkan melalui penguatan positif dan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Tantangan yang diidentifikasi meliputi variasi kemampuan membaca siswa, gangguan digital, dan berkurangnya fokus akibat kebiasaan bermain gawai di rumah. Guru mengatasi tantangan tersebut melalui bimbingan individu, penyesuaian pembelajaran yang fleksibel, dan strategi yang berpusat pada siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa guru Generasi Z memiliki potensi yang kuat dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kombinasi teknologi, kreativitas, dan pendekatan humanistik di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, N. K. L., & Kristiantari, M. G. R. (2024). Transformasi Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Permainan Media Ular Tangga. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 252–261. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78256

Fahmiyah, A. U., Kuswandi, D., & Wahyuni, S. (2025). Using Learning Media to Improve Beginning Reading Skills. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 308–326. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1568

Hoffman, H. C. (2022). THE MILLENNIAL TIMES THEY ARE A’CHANGIN UNDERSTANDING GEN Z_.

Holman, L. E. (2021). Crossing the generational and digital divide: Accommodating the learning experiences of Generation Z. 1–104. https://scholarworks.moreheadstate.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1871&context=msu_theses_dissertations

Indriani, I. S., Christianti, M., & Hayati, N. (2025). Application of Phonics Method for Early Literacy Development of Preschool Children. Jurnal Pendidikan Progresif, 15(1), 119–138. https://doi.org/10.23960/jpp.v15i1.pp119-138

Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Allyn and Bacon.

Kemendikbudristek. (2023). Laporan Hasil Asesmen Nasional 2023. Pusat Asesmen Pendidikan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an

Larasati, D. P., Halidjah, S., & Salimi, A. (2024). Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 13 Pontianak Timur. Journal on Education, 07(01), 4793–4800.

Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Nisrina Jinan Tuada, & Najwa Putri Raihani. (2025). Generasi Z, Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 5(1), 224–234. https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3517

Rahma, R., Andayani, & Anindyarini, A. (2024). Teaching reading in digital era: Exploring Indonesian in-service teachers’ perceptions and challenges. Contemporary Educational Technology, 16(4). https://doi.org/10.30935/cedtech/15159

Sajawandi, L., & Rosalina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku ”Membaca Itu Mengasyikkan” Di Tk Plus Al Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 62. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15088

Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2025-12-13