A ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Femila Puja Sanjaya Universitas Nusa Putra
  • Barkah Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36365

Keywords:

membaca permulaan, kesulitan membaca, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam kesulitan membaca permulaan yang dialami seorang siswa kelas II di SD Negeri 03 Leumbur Sawah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami hambatan yang cukup berat, mulai dari ketidakmampuan mengenal huruf, belum memahami hubungan huruf dan bunyi, hingga kesulitan dalam menggabungkan huruf menjadi suku kata maupun kata sederhana. Siswa tampak kebingungan ketika diminta membacakan huruf atau

suku kata dan belum mampu membedakan huruf-huruf yang memiliki bentuk serupa. Hambatan kognitif ini diperparah oleh kondisi emosional yang tidak stabil, ditandai dengan rasa takut, cemas, dan sering menangis saat kegiatan membaca sehingga proses pembelajaran sering terhenti. Faktor eksternal seperti jarang hadir di sekolah dan minimnya pendampingan membaca di rumah turut memberikan kontribusi besar terhadap lambatnya perkembangan kemampuan membaca permulaan. Ketidakhadiran yang cukup sering membuat siswa kehilangan kesempatan mendapatkan latihan membaca yang seharusnya berlangsung berulang dan terstruktur. Meskipun guru telah melakukan berbagai upaya seperti bimbingan individual, penggunaan kartu huruf, pengulangan materi, serta menciptakan suasana belajar yang menenangkan, perkembangan siswa tetap lambat karena hambatan berasal dari aspek kognitif, emosional, dan lingkungan secara bersamaan. Temuan ini menegaskan perlunya pendekatan intervensi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah agar siswa dapat berkembang sesuai tahap kemampuan literasi dasarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2002. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta, Rineka cipta.

Gough, P. B., and Tunmer, W. E. 1986. “Decoding, Reading, and Reading Disability.” Remedial and Special Education. 6–10.

Hurlock, Elizabeth B. 2012. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. jakarta: Erlangga.

Santosa, Slamet. 2020. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Savitri, Desy Irsalina. 2022. “Studi Kasus Kesulitan Belajar Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar Dampak Learning Loss.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8):3084–89. doi: 10.54371/jiip.v5i8.769.

Septiana Soleha, Riska, Enawar Enawar, Dilla Fadhillah, and Sumiyani Sumiyani. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.” Berajah Journal 2(1):58–62. doi: 10.47353/bj.v2i1.50.

Somadayo, Samsu. 2011. “Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca.” Yogyakarta: Graha Ilmu 28.

Supriyadi. 2018. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: angkasa.

Downloads

Published

2025-12-12