Pengaruh Penerapan Model Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Di UPT SPF SDN Tidung Kota Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar

Authors

  • Lasmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya latif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Akbar Avicenna Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36546

Keywords:

Model Sinektik, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (IVA. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi secara signifikan pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan, sementara peningkatan pada kelas kontrol relatif lebih rendah. Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t (independent sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelas, dengan nilai signifikansi (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model sinektik memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Model sinektik terbukti mampu merangsang kreativitas, imajinasi, serta kemampuan berpikir analogis siswa melalui penggunaan metafora dan pendekatan imajinatif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa menjadi lebih aktif dan ekspresif dalam menulis puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Hendrawati. (2017). Tidak ada Tampilan utama dari rasa kesehatan, pusat rumah, lansia, indikator yang berhubungan dengan kesehatan, analisis struktur ko-dispersi, Judul. In Jurnal Akuntansi (Vol. 11).

Jasmine, K. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Berbasis It Pada Siswa Kelas Iii Sdn Jogorogo 1, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 14–41.

Khotimah, P. H., D, Y., & Wini, L. O. (2023). Pengaruh Model Sinektika Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas Sma N 6 Muaro Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(3), 109. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10016

Laila Qadaria, & Khoirul Bariah. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Lumban, R., Ester, G., & Simarmata, J. (2019). Vol. 3 No. 4 September 2019. Guru Kita, 3(4), 378–386.

Murdiyanto, A. (2024). Peningkatan Minat Wirausaha Melalui Model Sinektik Pada Siswa Kelas Ak2 Di Smk N 1 Windusari Magelang. MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling UNISRI Surakarta, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.33061/jm.v8i1.2637

Nuroh, E. Z., & Hidayati, U. N. (2023). Analisis Media Visual Berbasis Kata Kunci pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(1), 45–61. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.284

Oktavia, W. (2019). Analisis kesulitan menulis puisi bebas. Jurnal Pendidikan, 04(02), 70–75.

Panggabean, L. (2023). Volume 1 Issue 1 | February – August 2022 | Basastrasia Issn : 2337-6503 Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas Vii Smp Negeri Volume 1 Issue 1 | February – August 2022 | Basastrasia Issn : 2337-6503. 1(1).

Penerapan, D., & Fifo, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Sinektik Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V Sd 1 Tritis.

Pipit Muliyah, D. A. (2020). Keterampilan Menulis Pada Materi Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas Iii Sdn Bangunsari. Journal Geej, 7(2), 8–39.

Rahayu, M. P. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. September, 238–244.

RAMBE, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Dharmawangsa Medan. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18. https://doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.18-29

Rostika, D. (2016). Model Sinektik Dalam Pengajaran Pengukuran Waktu Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2786

Safira, S. D., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01), 35–51. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i01.1499

Downloads

Published

2025-12-12