The `Study Naratif: Peran Guru dalam Pembelajaran Pkn Terhadap Perbedaan Budaya Siswa Sekolah Dasar
`Study Naratif: Peran Guru dalam Pembelajaran Pkn Terhadap Perbedaan Budaya Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36606Keywords:
Kata Kunci: Peran guru, pembelajaran PKn, perbedaan budaya, sekolah dasar, pendidikan multikulturalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terhadap perbedaan budaya siswa sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Kajian ini berfokus pada bagaimana guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan mediator dalam membangun kesadaran multikultural serta menumbuhkan sikap toleransi di lingkungan pembelajaran yang beragam. Data diperoleh dari hasil seleksi dan analisis terhadap lima sumber literatur yang terindeks, diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2025, yang relevan dengan topik peran guru dan pendidikan multikultural di sekolah dasar.
Downloads
References
A. Faizul Mubarak dan Fathor Rahman. (2025). Implementasi Pendidikan Multikulturaldalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 07(02), 527–542.
Agus Sulthoni Imami, & Achmad Mawazir Az Zamzami. (2024). Konstruksi Pendidikan Islam Multikultural Di Madrasah Diniyah Badridduja Kraksaan Probolinggo. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 574–588. https://doi.org/10.51214/bip.v4i3.1173
Andaresta, M. R., Sosial, K., Empati, P., Proyek, B., & Reflektif, P. (2025). INTELEKTUAL: JURNAL ILMIAH MULTIDISIPLIN MAHASISWA DAN AKADEMISI Volume 1 Nomor 3 e-ISSN: 3090-9449 Hlm. 64-77 Peran IPS Dalam Membentuk Kepedulian Sosial Siswa Sejak Dini. 1, 1–7.
Angelina, P., Halim, A., Guru, P., Dasar, S., Esa, U., Jakarta, U., & Multikultural, P. (2025). Jurnal pendidikan tematik. 10(1), 57–67.
David, D. H. (2025). Internalisasi Nilai Kebangsaan dalam Pembelajaran PPKn di MI Melalui Media Digital: Studi Kualitatif di Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah …, 02(02), 146–158. https://ojs.stitmakrifatulilmi.ac.id/index.php/pgmi/article/view/70
Fernando, A., & Zumratun, E. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 137–150. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i1.875
Hariani, M., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Rahayu, A., Ratnawati, I., & Santoso, B. (2024). NALA. 4(2), 35–48.
Haris, L. (2025). ANALISIS KOMPENTENSI GURU PPKn DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPS TEMATIK DI SD NEGERI 1 GEMIA. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33387/dinamispips
Hasan, M., Hermansyah, H., & Sukino, A. (2025). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membangun Kesadaran Multikultural. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 15(1), 97–116. https://doi.org/10.33367/ji.v15i1.6488
Hidayat, C., & Mulyanti, D. (2020). Ilmu Penddikan.
Hidayat, M. A., Tri Agustin, D., Hana, N., Ramadhani, R., & Ayu Pratiwi, D. (2025). Keunggulan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar. 10, 251–264. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/30525/14625
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Munawir, M., Septya, N. M., Amalia, R., & Muallifa, Z. (2025). Tantangan dan Strategi Guru Profesional dalam Menangani Keberagaman Siswa di Pendidikan Inklusif. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(2), 275–283. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i2.858
nur muhammad tegar, ma’luf haydar rohdiyana muallimah. (2023). Peran Guru Sebagai Pendidik Disekolah. Ar Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(2), 122.
Nurdayati dkk. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(5), 6.
Nurmansyah, D., & Muttaqin, M. F. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pkn Untuk Menumbuhkan Toleransi Dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 5(02), 92–101. https://doi.org/10.51875/jispe.v5i02.536
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global Di SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 67–76. https://doi.org/10.47178/15f32d10
Rifa’i, M. M., Rahma, A. N., & ... (2025). Analisis Keberhasilan Guru Dalam Membangun Sikap Toleransi Terhadap Karakter Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Menulis: Jurnal Penelitian …, 1, 10–16. https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/view/313%0Ahttps://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/download/313/307
Siswa, M., & Dasar, S. (2025). 4 1234. 15(2), 190–196.
Siti Dwi Yasinta, Disma Nadya Shakila, Rita Munifah Ramadhan, & Bakhrudin All Habsy. (2025). Pelatihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 160–178. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i3.1690
Suryaningsih, A. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2019 "Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi, Persekolahan, dan Kemasyarakatan Di Era Disrupsi” Laboratorium PPKn FKIP UNS, 6 Juli 2019 (Issue 36).
Syaifi, M. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Islami. Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami, 10(2), 159–176. https://doi.org/10.55757/tarbawi.v10i2.309
Tsalisa, H. H. (2024). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Beragama di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.125
Uswan, A., Suhartono, E., & Wiyono, S. (2025). Optimalisasi Strategi Sekolah dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 1075–1084. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1306
Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap Toleransi Keberagaman Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















