UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMAHAMI PROSES DAUR AIR MENGGUNAKAN MODEL PJBL DENGAN PROJEK PAPAN SIKLUS HIDROLOGI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101944 DELI MUDA

Authors

  • Dini Aulia Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nurjannah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36620

Keywords:

: keterampilan menulis, karangan deskripsi, kesulitan belajar, pendidikan dasar kelas IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami proses daur air melalui penerapan model Project Based Learning (PJBL) dengan proyek papan siklus hidrologi pada siswa kelas V SD Negeri 101944 Deli Muda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses dan lembar observasi proyek, serta dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I, sebagian besar siswa masih berada pada kategori sedang ke rendah dalam keterampilan proses dan kualitas proyek. Setelah tindakan siklus II dan III dilaksanakan, keterampilan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, terlihat dari peningkatan skor observasi dan kualitas hasil proyek. Model PJBL dengan proyek papan siklus hidrologi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami proses daur air karena mendorong keterlibatan aktif, kolaborasi, berpikir kritis, dan visualisasi konsep abstrak secara konkret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270

Baehaki. (2023). Faktor penghambat guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Conference of Elementary Studies, 138. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19722

Dalimunthe, N. (2021). Penerapan Blended Learning sebagai Alternative Model Merdeka Belajar di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kelas V di SDN 200311 Padangsidimpuan. Jurnal ESTUPRO, 6(1), 36–44. https://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/670

Dara Fitrah Dwi, & Sujarwo. (2023). Disain Analisis Proses Kognitif dan Pengetahuan pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1041

Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Nur, O. O., & Sujarwo, S. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Indonesian Research Journal On Education, 2(2),478–485. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.288

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sungkar. M.S, Kadir. D, Palayukan. H, Megavitry. R, St. Rahmah, Punggeti. R.N (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru. Community Development Journal, 4(2), 2856-2861

Sukmawarti, S., Hidayat, H., Destini, R., Khairiah, K., Nasution, L. A., Firanti, E. M., & Fauzy, M. R. (2024). Desain virtualisasi geometri berbasis software dinamis untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika di UPT SD Negeri 064982 Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 8 (2), 34–42. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v8i2.3784

Tanjung, N. T., & Yarshal, D. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 108293 Perbaungan. 02, 123–135.

Downloads

Published

2025-12-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>