UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMAHAMI PROSES DAUR AIR MENGGUNAKAN MODEL PJBL DENGAN PROJEK PAPAN SIKLUS HIDROLOGI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101944 DELI MUDA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36620Keywords:
: keterampilan menulis, karangan deskripsi, kesulitan belajar, pendidikan dasar kelas IVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami proses daur air melalui penerapan model Project Based Learning (PJBL) dengan proyek papan siklus hidrologi pada siswa kelas V SD Negeri 101944 Deli Muda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses dan lembar observasi proyek, serta dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I, sebagian besar siswa masih berada pada kategori sedang ke rendah dalam keterampilan proses dan kualitas proyek. Setelah tindakan siklus II dan III dilaksanakan, keterampilan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, terlihat dari peningkatan skor observasi dan kualitas hasil proyek. Model PJBL dengan proyek papan siklus hidrologi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami proses daur air karena mendorong keterlibatan aktif, kolaborasi, berpikir kritis, dan visualisasi konsep abstrak secara konkret.
Downloads
References
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270
Baehaki. (2023). Faktor penghambat guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Conference of Elementary Studies, 138. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19722
Dalimunthe, N. (2021). Penerapan Blended Learning sebagai Alternative Model Merdeka Belajar di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kelas V di SDN 200311 Padangsidimpuan. Jurnal ESTUPRO, 6(1), 36–44. https://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/670
Dara Fitrah Dwi, & Sujarwo. (2023). Disain Analisis Proses Kognitif dan Pengetahuan pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1041
Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Nur, O. O., & Sujarwo, S. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Indonesian Research Journal On Education, 2(2),478–485. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.288
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Sungkar. M.S, Kadir. D, Palayukan. H, Megavitry. R, St. Rahmah, Punggeti. R.N (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru. Community Development Journal, 4(2), 2856-2861
Sukmawarti, S., Hidayat, H., Destini, R., Khairiah, K., Nasution, L. A., Firanti, E. M., & Fauzy, M. R. (2024). Desain virtualisasi geometri berbasis software dinamis untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika di UPT SD Negeri 064982 Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 8 (2), 34–42. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v8i2.3784
Tanjung, N. T., & Yarshal, D. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 108293 Perbaungan. 02, 123–135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















