MENJELAJAH DUNIA MAYA DI KELAS NYATA : PENGALAMAN AUTENTIK PENGGUNAAN MEDIA IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SD

Authors

  • Susilasari UIN Suska Riau
  • Armawati UIN Suska Riau
  • Asmardi UIN Suska Riau
  • Nunu Mahnun UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36890

Keywords:

IT, Pengalaman Autentik, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi (IT) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media teknologi informasi dalam menciptakan pengalaman belajar autentik serta menganalisis pengaruh penggunaan media IT terhadap keterlibatan dan keterampilan berbahasa siswa. Penelitian ini menggunakan metode literatur review sebagai pendekatan utama. Literatur review adalah metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, membaca, menganalisis, dan menyimpulkan hasil dari berbagai penelitian terdahulu yang relevan. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media digital mampu menciptakan pengalaman belajar autentik yang relevan dengan kehidupan nyata siswa, sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Namun demikian, keberhasilan penerapan masih dipengaruhi oleh kompetensi digital guru, ketersediaan sarana, dan dukungan lingkungan belajar. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru, penyediaan media digital yang sederhana dan kontekstual, serta kolaborasi sekolah dan orang tua untuk mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis IT secara berkelanjutan dan merata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalle, A., Usman, M., Ernawati., & Adys, H. P. (2025). Penggunaan Media Digital Sebagai Alat Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Bahasa Jerman. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 4(2).

Magdalena., Endayana, B., Aflah, I., Maimunah, & Nurazmi. 2021. Metode Penelitian untuk Penulisan Laporan Penelitian dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam. Penerbit Buku Literasiologi. Tasik Malaya.

Ramadhani, E., Ngatmini., Kandida & Yusuf. 2024. Penerapan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Keterampulan Menulis Teks Puisi Kelas. Pembahsi Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 14(2).

Rambe, A., Fatimah, H., Rilwan & Hasratuddin. 2024. Pemanfaatan media berbasis game dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran sekolah dasar. ELSE : Ementary School Education Journal. Vol 8(3)

Sasrianti, E., & Agustina, L. (2025). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Digital sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 249–262.

Sucipto, T. A. 2022. Efektifitas Penggunaan Teknologi untuk Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Sains, Nalar dan Aplikasi Teknologi Informasi Vol 1(2).

Sumadyo, B., Prameswari, J & Dewi, I. 2024. Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital dalam Kurikulum Merdeka di SDS IT Nurul Yakin. Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasan dan Sastra. Vol 11 (2).

Downloads

Published

2025-12-25