Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di MIN 2 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36903Keywords:
manajemen kepala sekolah, budayal literasi, strategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi di MIN 2 Samarinda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan kepala sekolah, guru, petugas perpustakaan, dan siswa sebagai sumber data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan fungsi manajemen secara efektif, meliputi perencanaan program literasi berbasis kebutuhan siswa, pengorganisasian melalui pembagian tugas dan pelatihan, pelaksanaan kegiatan literasi terintegrasi dalam pembelajaran, serta pengendalian melalui supervisi dan evaluasi rutin. Keberhasilan program didukung oleh komitmen guru, petugas perpustakaan, serta fasilitas yang mendukung, sementara hambatan muncul dari rendahnya kesadaran literasi siswa dan orang tua, ketergantungan pada media hiburan, dan keterbatasan koleksi buku. Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya literasi di MIN 2 Samarinda berkembang positif, dan perlu terus diperkuat melalui sinergi antara sekolah dan orang tua serta penerapan literasi dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Downloads
References
Arismunandar, Nurhikmah H, dan Muhammad Ardiansyah. 2018. Manajemen Kepala Sekolah. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Damaianti, Vismaia Sabariah, Yunus Abidin, dan Rosita Rahma. 2020. “Higher Order Thinking Skills-Based Reading Literacy Assessment Instrument: An Indonesian Context.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 10(2):513–25. doi:10.17509/ijal.v10i2.28600.
Didipu, Ismanto. 2021. Pelangi Literasi Madrasah. Sukabumi: Haura Utama.
Djafri, Novianty. 2016. Novianty, Djafri. (2016). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: Deepublish. Yogyakarta: Deepublish.
Edhy. 2023. Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: UAD Press.
Fuad Yusuf, Choirul. 2021. Literasi Keagamaan Generasi Milenial Indonesia: Tantangan Masa Depan Bangsa. Jakarta: LIPI Press.
Harianto, Erwin. 2020. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” 9(1).
Hasan, Basri, Nurhalima Tambunan, dan Hadi Saputra Panggabean. 2023. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Madrasah. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Kurniati, Agusta, dan Lusila Parida. 2022. “Literasi Lingkungan sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.” JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat 1(1):21–26.
Kurniati, Dedeh. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Literasi melalui Strategi LICALIDO (Lihat Baca Tulis Dongeng) di SDN Jatirahayu VIII.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 13(1):260–68. doi:10.23969/literasi.v13i1.7193.
Lee, En Hye. 2024. “Critical Global Citizenship Education: Unpacking Representations of Racialization in Korean English Textbooks.” English Teaching 79(2):57–87. doi:10.15858/engtea.79.2.202406.57.
Lestari, Frita Dwi, Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, dan Pance Mariati. 2021. “Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5087–99. doi:10.31004/basicedu.v5i6.1436.
Muhsyanur. 2014. Muhsyanur. (2014). Membaca: Suatu keterampilan berbahasa reseptif. Yogyakarta: Bugisese Art. Yogyakarta: Bugisese Art.
Muliantara, I. Komang, dan Ni Ketut Suarni. 2022. “Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(3):4847–55. doi:10.31004/edukatif.v4i3.2847.
Muslim, Ibnu Fiqhan, dan Fahmi Salsabila. 2021. “Gerakan Literasi Di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pengaruh Pembelajaran Daring (Online).” Research and Development Journal of Education 7(2):424. doi:10.30998/rdje.v7i2.10224.
Ratnawulan, Teti, Lufi Ardiana, Jajang Rusmana, Nani Kusmiyati, dan Yuyun Yuningsih. 2023. Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. Ratnawulan. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Rizal Fachriyan, Muhammad, dan dkk.,. 2017. Muhammad Rizal Fachriyan dkk. (2017). Literasi dan Intelektualitas Mahasiswa Zaman Now. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Yusuf, M., Cecep Haryanto, Nazifah Husainah, dan Nuraeni. 2023. Teori Manajemen. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















