PENERAPAN MODEL CTL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • Muhammad Rizki Ardi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Alfi Yunita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Melisa Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36992

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman konsep matematis, Statistika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain One Shot Case Study. Sampel penelitian adalah siswa kelas XE3 yang dipilih secara random. Instrumen penelitian berupa tes uraian, sedangkan analisis data mencakup uji normalitas (Anderson–Darling) dan uji homogenitas (F-test) untuk memastikan data memenuhi asumsi analisis, serta uji t satu sampel (one-sample t-test) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model CTL lebih baik dibandingkan sebelum perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis memperlihatkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat setelah penerapan model CTL pada materi statistika. Dengan demikian, penerapan model CTL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Hidayat, W., & Priatna, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 115–124.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan penerapan di satuan pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Nisa, R., & Kurniasih, D. (2020). Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33–42.

Nurhayati, N., & Kartini, D. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–56.

OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. Paris, France: OECD Publishing.

Putra, A., & Sari, M. (2021). Kesulitan siswa dalam memahami materi statistika di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25–34.

Rahayu, T. (2021). Penerapan CTL dalam pembelajaran matematika sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 6(2), 88–96.

Sari, L., & Rohaeti, E. (2019). Contextual Teaching and Learning sebagai strategi peningkatan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 50–60.

Utami, N., & Rinaldi, D. (2022). Penggunaan LKPD berbasis kontekstual untuk mendukung pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 101–110.

Downloads

Published

2025-12-24