PENGARUH PRESTASI BELAJAR, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK

Authors

  • Aisyah Amini Siregar Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan
  • Pasca Dwi Putra Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37199

Keywords:

Academic Achievement, Self-Efficacy, Peer Environment, Interest in Pursing Higher Education

Abstract

This study aims to examine the effect of Academic Achievement, Self-Efficacy, and Peer Environment on the interest in continuing education to higher education among 12th-grade students at SMA Negeri 1 Hamparan Perak. This type of research is quantitative. The study has a population of 152 students. The technique used in this study is Proportional Random Sampling, due to the population size of 152 students. The data collection technique used is through filling out questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression with hypothesis testing, namely Partial Test (t-Test), Simultaneous Test (F-Test), and the coefficient of Determination. Based on the data analysis, the resukts indicate that Academic Achievement, Self-Efficay, dan Peer Environment have a positive and significant influence on students’ interest in pursing higher education among Grade XII students of SMA Negeri 1 Hamparan Perak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, Hibur, I. (2025). Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII di Sma Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2024/205. 14(1).

Alfarizi, M., Nurul, R., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh Status Perekonomian Orang Tua, Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3638–3648.

Anggi Permata Canya, H. P. P. (2025). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS0, 4(2), 7747–7754. https://journal.ilmudata.co.id/index.php/RIGGS

Anggita, R., Marsofiyati, & Widyastuti. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMK Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan:SEROJA, 2(4), 139–162. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.

Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The theory of planned behavior: Selected recent advances and applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356. https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107

Damanik, R. U., & Sugiarti, R. (2023). Dukungan Orangtua dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Reswara Journal of Psychology, 2(1), 26–41.

Deli, R. P., Malinda, Y., & Ronald, J. (2019). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, pendapatan Orang Tua, Perencanaan Karir dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi SMA S Al Istiqamah. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi, 2(2), 171–180.

Durrotunnafisa, D., & Rosy, B. (2024). Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang tua, dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2916–2926. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7025

Dwi Purnomo Putri, L., & Rapih, S. (2024). Pengaruh lingkungan sosial dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi Lisa. JIKAP : Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 8(5), 510–520.

Erlina, L. (2020). Efikasi Diri. In POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan (Vol. 1, Issue 2). Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.33

Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1322

Fauziah, N. A., Fitrayati, D., Surabaya, U. N., Article, I., Income, P., Higher, C., Orang, P., Efficacy, S., Melanjutkan, M., & Commons, C. (2025). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH , TINGKAT PENDAPATAN. 4(03), 324–344.

Feryani, C., Harapan, E., & Fahmi, M. (2022). Pengaruh Dorongan Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5897–5904. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1339

ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti Salma Danu, S. & E. V. (2024). Prestasi Belajar Sebagai Variabel Intervening The Influence Of Self-Efficacy , Family Environment , School Environment , And Peer On The Interest Of Classxii Ips Students At Sma Negeri 16 Padang To Continue Their Studies To College With Pendahuluan Pendid. 4(1), 85–94.

Lase, I. P. S. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Keperguruan Tinggi Smk Kabupaten Nias. Jurnal Education and Development, 8(2), 261–264.

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Menara Ilmu, 15(2), 117–125. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/2410/1890

Mutiara, H., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 173–190. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6978

Nur Rabani, F. A. (2023). Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Perekonomian. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 113. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.113-122

Nuraini, D., Wiradendi, C. W., & Marsofiyati. (2023). Pengaruh Prestasi Belajar dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMK Negeri 49 Jakarta. Jurnal Pendidikan SEROJA, 2(2), 208–217. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja

Putri, D. J., Angelina, S., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 5(1), 49–53.

Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi Belajar (Edisi 2) (2nd ed.). Literasi Nusantara.

Rosyid, M. Z. (2023). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran. Literasi Nusantara Abadi.

Runtu, P. S. (2021). Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Jakad Media Publishing.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. 2(2), 278–288.

Satria, I. G. I. J., & Kurniawati, M. (2024). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan psikologis (studi pada mahasiswa perantau). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 2764–2775. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Shatria Sholihin Putra. (2023). Pengaruh prestasi belajar siswa dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMAN di Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5224–5230.

Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugihartono. (2021). Psikologi Pendidikan:Kajian Teori dan Praktik. UNY Press.

Sugiyono, P. . (2019). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&D [Quantitative and Qualitative and R&D Research Metods]. alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif. alfabeta.

Suryadi, D. A. (2022). Psikologi Perkembangan Remaja. CV. Jakad Media Publishing.

Downloads

Published

2025-12-03