PERAN DAN FUNGSI BAHASA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA ERA INDUSTRI 4.0 DAN ABAD 21

Authors

  • Khoirunisa Nur Hidayah Universitas Jambi
  • Nabilah Nur Rahmi Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37414

Keywords:

Bahasa, Abad 21, Literasi digital

Abstract

Era Industri 4.0 dan tuntutan keterampilan abad ke-21 membawa perubahan signifikan dalam cara manusia berinteraksi, bekerja, dan membangun pengetahuan. Bahasa, sebagai alat utama komunikasi dan konstruksi makna, memegang peran sentral dalam menghadapi kompleksitas perubahan tersebut. Peran dan fungsi bahasa dalam kehidupan manusia modern, terutama dalam konteks digitalisasi, kolaborasi global, serta kebutuhan literasi baru. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan, tetapi juga sebagai tempat menyapaikan pemikiran yang kritis, kreativ, memecahkan masalah, dan pembentukan identitas di ruang sosial maupun digital. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan bahasa yang adaptif baik dalam bentuk lisan, tulisan, maupun digital menjadi fondasi penting bagi kompetensi abad ke-21 seperti komunikasi efektif, kolaborasi lintas budaya, serta literasi teknologi. Dengan demikian, artikel ini menegaskan bahwa peran bahasa dalam era Industri 4.0 bukan sekadar alat komunikasi, melainkan instrumen strategis dalam mengembangkan kapabilitas manusia agar mampu berdaya saing dan responsif terhadap perubahan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, F., Febrianti, Y., Nurjannah, N., Amalia, V., Nazurty, N., & Noviyanti, S. (2023). Peran Dan Fungsi Bahasa Dalam Kehidupan Manusia Era Industri 4.0 Dan Abad 21. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 4496-4507.

Alfin Jauharoti. (2018). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. PENTAS:JurnalIlmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4(2).

Amalia Nur Mustika. (2017). Era Baru:Perencanaan Pengajaran Bahasa Memasuki Era Abad Ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 1 (1).

Anatasya, E., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Peran literasi budaya dan kewargaan dalam upaya pelestarian kebudayaan lokal Nusantara di era revolusi industri 4.0. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 253-264.

Arti, M. (2020, May). Tantangan sekolah dan peran guru dalam mewujudkan pembelajaran bahasa yang efektif di era 4.0 menuju masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126–133. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712-31723.

Danim Sudarwan. (2019). Literasi Pendidikan Era Revolusi 4.0. PKP Publik Knowlage Project.

Dia, R., Finata, D., & Noviyanti, S. (2023). Peran dan fungsi bahasa dalam kehidupan manusia di era Industri 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 11124-11133.

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019, March). Literasi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 1).

Fromkin, V., & Rodman, R. (2011). An Introduction to Language. Boston: Wadsworth.

Ibda Hamidullah. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education. Vol 1(1).

Khasanah Uswatun, Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nur'insyani, S. R. P., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Urgensi penguatan literasi budaya dan kewargaan dalam mempertahankan budaya masyarakat indonesia di era revolusi industri 4.0. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 33-38.

Roysa, M. (2014). Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa. I

Subyantoro dan Tommi Yuniawan (Ed.), Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 (p.35). Semarang: Duta Publishing Indonesia.

Wicagsono, M. A. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Pakar Pendidikan, 20(2), 50-64.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).

https://disdikkbb.org/news/revolusi-industri-4-0-apakah-itu-dan-pengaruhnya-terhadap-dunia-pendidikan/

https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/

Downloads

Published

2025-12-23

Most read articles by the same author(s)