IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INQUIRY LEARNING UNTUK BELAJAR IPAS KELAS V

Authors

  • Nurul Mutmainah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ambarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37480

Keywords:

Inquiry learning, pembelajaran IPAS, hasil belajar siswa, keterampilan sosial, pendidikan dasar.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran inquiry learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pendekatan ini, siswa didorong untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar dengan mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, dan melakukan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar, di mana persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 45% pada siklus pertama menjadi lebih tinggi di siklus kedua. Selain itu, penerapan inquiry learning juga berdampak positif pada keterampilan sosial siswa, seperti kolaborasi dan komunikasi. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, seperti kurangnya pemahaman guru mengenai tahapan inquiry, pelatihan yang tepat dan dukungan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Bruce R. Joyce, Marsha Weil, E. C. (2011). Models Of Teaching. Pustaka Pelajar.

Bruce R. Joyce, Marsha Weil, E. C. (2018). Models Of Teaching. Allyn & Bacon.

Dewi, S. & Prasetyo, E. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45–56.

Fitriani, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiry Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 23–34.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigamatis. Pustaka Pelajar.

JENTRE. (2025). Media Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Sains. Pustaka Cendikia.

Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2022). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Y., & Sani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 15–28.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2012). Teori Pembelajaran dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sains. Bumi Aksara.

Nurhayati, R. (2021). Kendala dalam Penerapan Pembelajaran Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 100–110.

Nuryanah, S. (2025). Peningkatan Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan, 13(3), 50–62.

Rahmi. (2020). Analisis Penerapan Inquiry Learning di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 75–85.

Sani. (2018). Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 90–102.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Susanto, A. (2004). Dasar-Dasar Pembelajaran Sains. Rineka Cipta.

Susanto, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Strategi dan Implementasi. Kencana.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Progresif. Prestasi Pustaka.

Trianto. (2018). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Kencana.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Wulandari, E. (2020). Penerapan Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 88–99.

Yuliani. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Inquiry Learning. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 35–47.

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)