IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 11 GARUT)

Authors

  • Hidayat Universitas Islam Nusantara
  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37487

Keywords:

Capaian Pembelajaran, mutu lulusan, implementasi, SMA Negeri 11 Garut, asesmen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Capaian Pembelajaran (CP) dalam meningkatkan mutu lulusan di SMA Negeri 11 Garut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CP digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran, sehingga alur kegiatan lebih terstruktur dan terukur. Kapasitas observer dan kesiapan internal sekolah menjadi faktor penting dalam konsistensi penerapan CP, sementara variasi pemahaman observer menyebabkan perbedaan kualitas implementasi di kelas. Penerapan CP berdampak positif pada pengembangan kompetensi peserta didik, termasuk kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, pemecahan masalah, dan keterampilan akademik, dengan kelas yang konsisten menerapkan CP menunjukkan capaian kompetensi lebih merata. Asesmen berbasis CP, seperti evaluasi formatif, portofolio, dan proyek, membantu memantau capaian peserta didik secara sistematis dan memberikan umpan balik yang jelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa CP berperan sebagai instrumen strategis untuk meningkatkan mutu lulusan dengan menekankan keterpaduan antara perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen yang konsisten.

Kata Kunci: Capaian Pembelajaran, mutu lulusan, implementasi, SMA Negeri 11 Garut, asesmen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R., Mas’amah, S., Husna, N., Suryana, T., Hanafiah, H., & Handayani, S. (2023). Manajemen implementasi standar isi untuk peningkatan mutu pembelajaran pada MTsN 4 Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2753–2773. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2593

Allejar, M. (2017). Pengaruh implementasi kebijakan standar proses pendidikan terhadap manajemen kurikulum untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(1), 39–48.

Arisandi, D., & Lubis, W. (2024). Implementasi percepatan kebijakan dan mutu pendidikan (Penerapan delapan standar pendidikan nasional di SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Medan). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 631–637. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i2.3828

Asmara, Q. (2021). Implementasi kebijakan dan mutu pendidikan (Penerapan delapan standar pendidikan nasional di SMA Mutiara Bunda Kecamatan Arcamanik Kota Bandung). KAIS: Kajian Ilmu Sosial, 2(1), 119–125. https://doi.org/10.24853/kais.2.1.119-125

Aziz, S. M. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(1), 5077–5088. https://doi.org/10.53625/jirk.v3i1.6557

Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem penjaminan mutu internal sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130–137.

Enes, U. O. R., Kusen, K., & Wanto, D. (2024). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Rejang Lebong. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i1.4974

Fahmi, F. (2021). Standar proses dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–16.

Hajar, R. (2018). Implementasi penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan kinerja madrasah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 89–98.

Harahap, M. R., Lubis, M. S., Syafaruddin, S., & Syukri, M. (2022). Implementasi kebijakan kurikulum dalam peningkatan mutu lulusan di MIN se-Kota Sibolga. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(1), 1–17. https://doi.org/10.51672/alfikru.v16i1.77

Huges, H., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Implementasi kebijakan akreditasi madrasah dalam meningkatkan mutu kinerja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 15–23. https://doi.org/10.29210/30032504000

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi standar isi, standar proses, standar lulusan sebagai standar mutu pendidikan MTs Negeri di Kabupaten Tulungagung. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.68

Ilhami, R. (2024). Pendalaman materi standar isi dan standar proses kurikulum pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(12), 3399–3405.

Lallo, L., Yunus, M., & Elpisah, E. (2021). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6126–6133.

Miles, A., Huberman, Michael;, Saldaña, Johnny, & Matthew, B. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revi). PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2014). Paradigma baru madrasah dalam implementasi kebijakan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–113. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113

Puspitasari, H. (2017). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339–368. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115

Putri, A. D., Istikarani, M., Lisaryadi, L., & Latif, M. (2025). Kebijakan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Pesantren. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 6010–6017. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1550

Rahmawati, D., & Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi program kurikulum berdasarkan standar isi, standar proses, dan standar kompetensi lulusan di SDN Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 35–50. https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.3

Rau, D. W., Usoh, E. J., Sumual, S. D., & Tambingon, H. (2023). Implementasi standar akreditasi nasional dan kompetensi lulusan dalam meningkatkan kualitas sekolah di Indonesia. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 5499–5507.

Saputro, A. D. (2015). Implementasi manajemen mutu terpadu di sekolah/madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i2.786

Sudrajat, A. M. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Sekolah. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 2(1), 30–43.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2019). Metodologi penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. UNS Press.

Wulandari, A., & Windarto, W. (2023). Standar kompetensi lulusan dan standar isi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 904–917. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2084

Downloads

Published

2025-12-23

Most read articles by the same author(s)