Pengembangan E-modul Bangun Ruang Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Google Sites Untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37670Keywords:
e-modul, problem based learning, bangun ruang.Abstract
Ditengah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, keterbatasan sumber belajar yang menarik dan interaktif di sekolah dasar dianggap sebagai hambatan terbesar yang harus diatasi. Tujuan riset ini ingin mengembangkan e-modul belajar matematika berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar menggunakan Google Sites. Riset ini bermetode Research and Development (R&D) dengan bermodel pengembangan ADDIE. Untuk menganalisa datanya akan menerapkan metode kuantitatif serta kualitatif melalui lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa, serta wawancara. Hasil validasi menilai kelayakan, angket murid menetapkan kepraktisan, serta hasil pre-posttest mengukurkan keefektifan. Didapati validasi ahli materi 96,6%, lalu dari ahli media 96,3%, kedua hasil validasinya memperoleh rerata 96,4% yang dianggap sangat layak. Di buktikan ada peningkatan dari kedua test yang dilaksanakan sejumlah 45,7, dengan rerata N-gain 0,717, yang dikategorikan tinggi. Persepsi murid pada e-modul mencapai 88,14%, yang tergolong sangat baik. hasilnya membuktikan jika e-modul yang dikembangkan efektif, praktis serta layak untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas 5 sekolah dasar.
Kata kunci: e-modul, problem based learning, bangun ruang.
Downloads
References
Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 74. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.768
Aini, V. N. (2021). Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii Di Mtsn 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.42
Bintoro, H. S., Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, M., & Walid, W. (2022). The spatial thinking process of the field-dependent students in reconstructing the geometrical concept. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1116–1124. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22399
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Fitroh, Q., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa. 8, 565–571.
Heliawati, L., Lidiawati, L., & Pursitasari, I. D. (2022). Articulate Storyline 3 multimedia based on gamification to improve critical thinking skills and self-regulated learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1435–1444. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22168
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484
Hidayah, N., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis bahan ajar terhadap kebutuhan guru dan peserta didik kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 128. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.128-142
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Izzah, A., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memecahkan Masalah Matematika Materi Kecepatan Dan Debit Di Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1139–1147. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.382
Jafnihirda, L., Suparmi, Ambiyar, Rizal, F., & Pratiwi, K. E. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(1), 227–239. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2734
Lah, N. H. C., Hashim, M., Harun, J., & Abdullah, Y. (2024). The evaluation of problem-solving oriented e-module in learning computer-based subject. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(1), 547–558. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i1.25486
Laila, A., Asri Budiningsih, C., & Syamsi, K. (2021). Textbooks based on local wisdom to improve reading and writing skills of elementary school students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 886–892. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i3.21683
Melyastiti, N. M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2023). E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 82–92. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58538
Nila, W. T., & Mustika, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) materi Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 411–422.
Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., dan Rahayu, S. (2020). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas III. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 10–19. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470
Rohmah, E. F., & Hastari, R. C. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Memfasilitasi Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. 4(2), 125–138.
Saputri, A. N. (2023). ELSE ( Elementary School Education. Else, 8(2), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















