Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Market Day Di TK Islam Luthfiah Kabupaten Ogan Ilir

Authors

  • Difa Falinsy Universitas Sriwijaya
  • Akmillah Ilhami Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38079

Keywords:

Kemampuan Berhitung Permulaan, Kegiatan Market Day, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan Market Day di TK Islam Luthfiah Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak setelah diterapkan kegiatan Market Day. Persentase kemampuan berhitung anak pada kondisi awal sebesar 58,4%, meningkat menjadi 63,54% pada siklus I, dan mencapai 82,18% pada siklus II. Dengan demikian, kegiatan Market Day dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitria, E., Lestari, L. W. P., Rohmawati, D., Putri, R. R., Maisah, S., & Suarah. (2025). An Analysis of Early Childhood Creativity Development Through Eggshell Media. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 153–166.

Hasanah, I. U., & Anugrah, Y. F. (2025). Meningkatkan Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini Di SPS Melati II Desa Margasari. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 44–52.

Irawati, Kusuma, W. S., & Novitasari, P. (2024). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak melalui Media Wayang Kartun. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 28–40.

Kharie, T. D. . (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di PAUD Pertiwi Kota Ternate. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 97–105.

Lestari, L. W. P., Putri, R. R., & Rachmi, T. (2025). Improving Concentration through Sensory Play in 5 – 6-Year-Old Children at PAUD Permata Ibu. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 321–334.

Masrifah, I., Lutfiani, A., Azkiya, A. H., & Kurniawati, H. (2023). Implementasi Market Day dalam Membangun Sikap Kemandirian Siswa Di TK Pretasi. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 10429–10433.

Meilasari, D., & Munastiwi, E. (2024). Penanaman Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 13–22.

Nufus, A. S., & Juningsih, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Pada Siswa Kelompok A. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 45–52.

Saetban, G. D., Tokan, M. K., & Ratu, K. T. R. A. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Pada Materi Cahaya Dan Sifatnya Di Kelas V SD Negeri Naikoten 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(04).

Safitri, N. N. D., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung (GESIT) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 232–243. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2198

Suratmi, Syarwani, & Melinda Puspita, S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Pembelajaran Berbasis Alam pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Widowati, P. N., Efriyana, T., Pratiwi, Y. D., & Lukas, S. (2022). Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

Downloads

Published

2025-12-22