PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK 3 DIMENSIONS BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 060969 MEDAN BELAWAN

Authors

  • Aris Wijaya Universitas Negeri Medan
  • Yakobus Ndona Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan
  • Daulat Saragi Universitas Negeri Medan
  • Reh Bungana Boru Perangin-Angin Universitas Negeri Medan
  • Sriadhi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.38625

Keywords:

Pop-Up Book 3 Dimensions, Augmented Reality, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Pop- Up Book 3 Dimensions berbasis Augmented Reality pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V yang telah teruji kelayakan oleh validator ahli dan efektivitas serta praktikalitasnya berdasarkan respon tenaga pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media Pop-Up Book 3 Dimensions berbasis Augmented Reality ini dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media kemudian dilanjutkan uji efektivitas serta uji kepraktisan. Hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 87,6% dengan kategori “sangat layak”, ahli media 95% dengan kategori “sangat layak”, ahli bahasa 100% dengan kategori “sangat layak”. Efektivitas media diperoleh dari hasil belajar siswa melalui perhitungan N-Gain dengan rata-rata 0,7152 menempatkan rata-rata dengan kategori efektivitas “Tinggi”. Pada ranah afektif perolehan nilai siswa setelah menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book 3 Dimensions berbasis Augmented Reality dikategorikan masuk kepada kategori A (Sangat Baik) dengan rata-rata persentase 87,8 serta hasil perhitungan Ngain dengan rata-rata 0,74 menempatkan rata-rata dengan kategori efektivitas “Tinggi” Penilaian ranah psikomotorik memperoleh rata-rata 96,8 dengan kategori A (Sangat Baik). Pengujian hipotesis memperoleh nilai Zhitung < Ztabel yaitu -4,63 < -1,96 dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa media Pop-Up Book 3 Dimensions berbasis Augmented Reality pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 060969 Medan Belawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., dkk. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Aisyi, R., & Rohman, N. (2022). Persepsi orang tua dan guru terhadap pembelajaran tatap muka di masa Covid-19 di Desa Ranub Dong. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 81–92.

Alfiani, N. F., dkk. (2024). Pengembangan media 3D Pop-Up Book berbasis augmented reality dengan materi sistem pencernaan manusia. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3).

Alkasima, S. P., dkk. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 53. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 96.

Anggit, S. D., & Siti, M. (2017). Pengembangan media pelajaran buku Pop-Up wayang tokoh Pandhawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).

Annisarti, S., & Rahmah, E. (2016). Model Pop-Up Book keluarga untuk mempercepat kemampuan membaca anak kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 5(1).

Anwari, M. A., dkk. (2021). Media pembelajaran. Sukoharjo: Media Tahta Grup.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asari, A., dkk. (2023). Media pembelajaran era digital. Yogyakarta: Istana Agency.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Dermawan, P., dkk. (2024). Pengembangan pembelajaran interaktif Pop-Up Book berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPAS kelas V. Prosiding Sinapmasagi, 4(1).

Fathoni, A. (2006). Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fleming, M. L. (1987). Strategies for visual communication. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Fitriyanti, Y., dkk. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada tokoh pahlawan Indonesia untuk kelas tinggi SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(3), 368–379.

Hadi, A., & Haryono. (1998). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: Kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia SD/MI. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1).

Iseu, S. P., Nana, & Subhan, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mata pelajaran IPS. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1).

Karlina, I., dkk. (2024). Pengembangan media 3D Pop-Up Book berbasis augmented reality dengan materi sistem pencernaan manusia. Jurnal Didaktik, 10(3).

Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (2001). Designing effective instruction (3rd ed.). New York: John Wiley & Sons.

Kozma, R. B., Belle, L. W., & Williams, G. W. (1991). Instructional techniques in higher education. New Jersey: Englewood Cliffs.

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.

Masmuzidin, M. Z., & Aziz, N. A. A. (2018). The current trends of augmented reality in early childhood education. The International Journal of Multimedia & Its Applications, 10(6).

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muthmainnah. (2022). Sistem model dan desain pembelajaran. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2025-12-18

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>