PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Muhammad Amran PGSD FIP UNM
  • Abd. Kadir PGSD FIP UNM
  • Muhammad Irfan PGSD FIP UNM

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8776

Keywords:

cooperative script, learning outcomes

Abstract

The focus of this research is the application of the cooperative script learning model and students' science learning outcomes. The approach in this research is a qualitative approach. This type of research is PTK. The purpose of this study was to describe the application of the cooperative script learning model to improve the learning outcomes of grade V students in the science subject of SDN 12 Biccuing, Lalabata District, Soppeng Regency. The subjects in this study were all 5th grade students of SDN 12 Biccuing with a total of 22 people and 1 teacher. Data collection techniques are observation and tests. Data analysis techniques are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the application of the cooperative scipt learning model could improve science learning outcomes in cycle I by 48% and increased in cycle II by 76%. It can be concluded that the cooperative script learning model can improve students' science learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, M., & Muslimin. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media KIT IPA Di SD Negeri Mapala Makassar. Jurnal Office

Arikunto, S. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis, D, A. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Penggunaan Media Learning Videos Terhadap Motivasi Dan Hasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” : 317–21.

Rahma T, M., Arina, R., Arif, S. 2023. Pengaruh Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv. Jurnal Pendas.

Budiyono, Aan et al. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Pengaruh Model Pembelajaran STEAM Terhadap Kemampuan Sains Dan Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” 7(2): 197–203.

Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum: 6.

Hafid, A., et al. 2023. JPPSD. “Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas Tinggi.” Tahun 2(4): 317. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index.

Ibrilusiyanti., Trapsilo P., Maryani. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII Di MTs.” Jember : Unej Press. Jurnal Pendas

Melati, S, D., Soleh., & Mustafid. 2023. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Team Games Tournament Di Kelas Ii Sdn Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat Sri.” 08: 3346–59. Jurnal Pendas

Muin, A., Firdaus., & Sitti H., 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.” JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4): 342.

Nurdin, M., Mujahidah., & Andi T, S, K., 2022. “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi.” JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4): 309.

Nuriya, S, A, and E Setiyawati. 2023. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas V.” 08: 1829–43. Jurnal Pendas

Pratiwi, I., Ari, M, K,. & Wawan S, R., 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Berbasis Multikultural.” Jurnal Konseling Gusjigang 2(1): 401–7. Jurnal Pendas

Supriadi, M, Rahayu, R, & Vega R, B. 2016. “Integrasi Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Pjok Untuk Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Di Madrasah Ibitadiyah Lombok Barat.” 08: 1–23. Jurnal Pendas

Tahar, Siti, S, H. 2019. JPPSD “Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 2 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.” Makassar : UNM Press.

Triantono. 2014. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembagan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wardani., et al. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” 08. Jurnal Pendas

Yulianti, D. et al. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menulis RPP Dan Presentasi Melalui Supervisi Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar.” : 182–88.

Downloads

Published

2023-09-25