Main Article Content

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas Kota Bandung merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menggunakan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian-penelitian sebelumnya banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, lewat pembelajaran kreativ, inovatif dan mendorong siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Desmos yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Kota Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) 2 kelas. Kelas XI IPS 2 diberikan perlakuan dengan model CPS berbantuan Desmos dan kelas XI IPS 1 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CPS berbantuan Desmos lebih baik daripada peningkatan kemampuan kemampuan berpikir kritis matematika siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran konvensional. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Desmos efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa IPS, sehingga dapat menjadi alternatif pendekatan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan matematika dengan mengintegrasikan teknologi dalam model pembelajaran CPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords

Creative Problem Solving (CPS) Kemampuan Berpikir Kritis Desmos Kemampuan Awal Matematika Aplikasi Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Septian, C., Firmansyah, E., Rakhmat, R. S., & Kariadinata, R. (2025). Penggunaan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Desmos Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 58–70. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/24055

References

Read More

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.