Jelajah Alam Sekitar Dengan Strategi Partisipatif Dan Pendekatan Sistem Among Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Himpunan Siswa Kelas Vii J Smp N 1 Cikampek.

Authors

  • Cucu Ratnaningsih

Keywords:

jelajah alam sekitar, strategi partisipatif, minat, prestasi belajar

Abstract

Rendahnya minat dan prestasi belajar matematika disebabkan berbagai faktor. Alternative solusi untuk mengatasi rendahnya minat dan prestasi belajar siswa kelas VII J menggunakan strategi partisipatif, pendekatan sistem among, dan tehnik praktek lapangan dengan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah dalam pembelajaran materi himpunan. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah pre tes dan pos tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian selama dua siklus sebagai berikut: siswa dan guru setuju terhadap penggunaan strategi pembelajaran, minat siswa tinggi, dan prestasi siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata pre tes 58,2 (kategori kurang), pada pos tes meningkat menjadi rata-rata 78,3 (kategori baik) dan pada siklus 2 rata-rata pre tes 18,0 (kategori sangat kurang), pada pos tes meningkat menjadi  rata-rata 66,9 (kategori cukup)Berdasarkan hasil kegiatan ini, dapat disarankan agar dalam pembelajaran himpunan digunakan strategi pembelajaran partisipatif dan tehnik praktek lapangan (jelajah alam sekitar) dan mata pelajaran lainpun dapat menggunakan strategi pembelajaran partisipatif dan tehnik praktek lapangan dengan sumber belajar lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (1988). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Departeman Pendidikan dan Kebudayaan (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Materi Pelatihan PTBK Matematika. Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sudjana. (2005) Metoda & Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah production.

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah production.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, Nana Saodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Susilo, Muhammad Joko. (2007). Kurikiulum Tingkat Satuan Pendidddikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi pendidikan dengn Pendekatan Baru. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wardhani, Igak. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT

Published

2020-04-27