Jelajah Alam Sekitar Dengan Strategi Partisipatif Dan Pendekatan Sistem Among Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Himpunan Siswa Kelas Vii J Smp N 1 Cikampek.
Keywords:
jelajah alam sekitar, strategi partisipatif, minat, prestasi belajarAbstract
Rendahnya minat dan prestasi belajar matematika disebabkan berbagai faktor. Alternative solusi untuk mengatasi rendahnya minat dan prestasi belajar siswa kelas VII J menggunakan strategi partisipatif, pendekatan sistem among, dan tehnik praktek lapangan dengan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah dalam pembelajaran materi himpunan. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah pre tes dan pos tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian selama dua siklus sebagai berikut: siswa dan guru setuju terhadap penggunaan strategi pembelajaran, minat siswa tinggi, dan prestasi siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata pre tes 58,2 (kategori kurang), pada pos tes meningkat menjadi rata-rata 78,3 (kategori baik) dan pada siklus 2 rata-rata pre tes 18,0 (kategori sangat kurang), pada pos tes meningkat menjadi rata-rata 66,9 (kategori cukup)Berdasarkan hasil kegiatan ini, dapat disarankan agar dalam pembelajaran himpunan digunakan strategi pembelajaran partisipatif dan tehnik praktek lapangan (jelajah alam sekitar) dan mata pelajaran lainpun dapat menggunakan strategi pembelajaran partisipatif dan tehnik praktek lapangan dengan sumber belajar lingkungan.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (1988). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Departeman Pendidikan dan Kebudayaan (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Materi Pelatihan PTBK Matematika. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sudjana. (2005) Metoda & Tehnik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah production.
Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah production.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Saodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Susilo, Muhammad Joko. (2007). Kurikiulum Tingkat Satuan Pendidddikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi pendidikan dengn Pendekatan Baru. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Wardhani, Igak. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : UT